SISTEM PEMANTAUAN SISWA SEKOLAH BERBASIS WEB (Studi Kasus : PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN)

Budi Utomo .

Abstract


Lembaga pendidikan sebagai suatu wadah yang berfungsi sebagai tempat melaksanakan proses belajar-mengajar, pelatihan dan pengembangan terhadap anak didiknya, di era globalisasi ini diharapkan bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sistem pemantauan untuk menunjang kegiatan akademik secara cepat, tepat, akurat dan berkualitas.

Pemantauan kegiatan akademik merupakan kegiatan utama di dunia pendidikan. Pondok Pesantren Darul Muttaqien sebagai salah satu instansi pendidikan tentunya harus melaksanakan kegiatan tersebut sebagai kegiatan wajib dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa. Akan tetapi, kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan secara optimal. Orang tua siswa masih mengalami kesulitan dalam memantau kegiatan belajar anak mereka di sekolah. Pemberitahuan tentang prestasi (nilai) biasanya hanya dilakukan pada saat penerimaan raport sekolah. Orang tua siswa hanya bisa mendapatkan hasil akhir dari kegiatan belajar anaknya, tanpa bisa memantau proses akademik anak mereka. Pemberitahuan untuk siswa yang bermasalah dilakukan dengan cara mengirim surat dan terkadang surat tersebut tidak tersampaikan. Selain itu, penilaian dari guru juga masih dilakukan secara manual, sehingga orang tua ataupun siswa masih kesulitan mengetahui nilai pada saat proses belajar mengajar.

Sistem pemantauan berbasis web yang dibangun mampu memudahkan pihak sekolah dalam memantau dan mengontrol absensi dan informasi nilai akademik siswa secara mudah dan cepat tanpa harus membuka buku besar, serta memudahkan orang tua untuk memproleh informasi yang berkaitan dengan akademik siswa disekolah. Sistem pemantauan siswa berbasis wab pada Pondok Pesantren Darul Muttaqien menggunakan software notepad++ yang telah di install sebelumnya. Dan tahap selanjutnya yaitu membuat database menggunakan XAMPP (MySQL) untuk menyimpan data-data siswa, dan tahap implementasi program aplikasi sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHL. Sehingga akan menghasilakn sistem pemantauan yang efektif dan efisien.

.

 

Kata Kunci : Sistem pemantauan, Web, Database MySQL, Software notepad++, dan Pemrograman PHL. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.