Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya

Deni Febrian, Ferdisar Adrian, Yetty Husnul

Abstract


Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor merupakan  jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Tenjolaya Bogor mencatat pada tahun 2017 jumlah penduduk laki-laki dan perempuan   sebanyak 58.237 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 58.739 jiwa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cendekia merupakan sekolah menengah pertama berbasis swasta yang terletak di Bogor dan berlokasi di Kp. Babakan Desa. Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan siswa. Jika harapan siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya tidak baik, sudah dapat dipastikan siswa tidak merasa puas.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 140 responden.

Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 69,69%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan kecuali bukti fisik yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 73,83%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-

80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word  of  mouth)  dan  konfirmasi  harapan  pada  Sekolah  Menengah  Pertama  Cendekia Tenjolaya.

Berdasarkan hasil  analisi korelasi rank  spearman antara  kualitas pelayanan dengan  kepuasan siswa mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan nilai sebesar 0,499 dimana skor tersebut berada pada interval 0,40-

0,599 artinya bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia

Tenjolaya mempunyai hubungan yang cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti.

Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor merupakan  jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Tenjolaya Bogor mencatat pada tahun 2017 jumlah penduduk laki-laki dan perempuan   sebanyak 58.237 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 58.739 jiwa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cendekia merupakan sekolah menengah pertama berbasis swasta yang terletak di Bogor dan berlokasi di Kp. Babakan Desa. Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan siswa. Jika harapan siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya tidak baik, sudah dapat dipastikan siswa tidak merasa puas.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 140 responden.

Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 69,69%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan kecuali bukti fisik yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 73,83%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-

80%), sehingga dapat

Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor merupakan  jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Tenjolaya Bogor mencatat pada tahun 2017 jumlah penduduk laki-laki dan perempuan   sebanyak 58.237 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2018 menjadi 58.739 jiwa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cendekia merupakan sekolah menengah pertama berbasis swasta yang terletak di Bogor dan berlokasi di Kp. Babakan Desa. Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan siswa. Jika harapan siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan melebihi harapannya sudah dapat dipastikan siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya tidak baik, sudah dapat dipastikan siswa tidak merasa puas.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 140 responden.

Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 69,69%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya baik hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan kecuali bukti fisik yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 73,83%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-

80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word  of  mouth)  dan  konfirmasi  harapan  pada  Sekolah  Menengah  Pertama  Cendekia Tenjolaya.

Berdasarkan hasil  analisi korelasi rank  spearman antara  kualitas pelayanan dengan  kepuasan siswa mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan nilai sebesar 0,499 dimana skor tersebut berada pada interval 0,40-

0,599 artinya bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia

Tenjolaya mempunyai hubungan yang cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti.

bahwa kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi, merekomendasikan (word  of  mouth)  dan  konfirmasi  harapan  pada  Sekolah  Menengah  Pertama  Cendekia Tenjolaya.

Berdasarkan hasil  analisi korelasi rank  spearman antara  kualitas pelayanan dengan  kepuasan siswa mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan nilai sebesar 0,499 dimana skor tersebut berada pada interval 0,40-

0,599 artinya bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia

Tenjolaya mempunyai hubungan yang cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif terbukti.


Full Text:

PDF

References


Abdurachman, Nana Herdiana. 2015.

Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung Pustaka Media

Andrisan Sudarso (2016), Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara), Yogyakarta, Deepublish.

Buchari Alma. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, CV Alfabeta : Bandung

. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. ALFABETA.

Deliyanti Oetoro. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo

Djaslim Saladin, 2007. Manajemen

Pemasaran Analisis, Perencanaan,

Pelaksanaan dan Pengendalian, CV, Linda Karya. Bandung.

Evangelos Grigoroudis & Yannis Siskos (2012). Customer Satisfaction Evaluation : Method for Measuring and Implementing Service Quality. Penerbit Springer US.

Gunawan, Adisaputro 2014. Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perencanaan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN

Hasan Ali (2013), Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

J. Supranto, 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta

Kotler dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. 2009.

Manejemen Pemasaran. Edisi Bahasa

Indonesia. Erlangga, Jakarta

.

Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prentice Hall Inc.

Lovelock, Christoper & Jochen Wirts (2007). Service Marketing: People Technologi, Strategy. (7th Edition). Prentice Hall

Lovelock, Wirtz dan Mussry. (2011).

Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Erlangga

M. Mursid. 2010. Manajemen Pemasaran, PT Bumi Aksara. Jakarta.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2007.

Manajemen Pemasaran. Pengalihan Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks

Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen

Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Ratnasari, Tri. Ririn, dan Mastuti Aksa (2016), Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor : Cetakan Kedua. Ghalia Indonesia.

Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung.

Sangadji, Etta. Mamang, dan Sopiah, Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV . ANDI OFFSET.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji (2013), Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Suntoyo Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Pertama. Yogyakarta, CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset

. 2011. Service, Quality,

& Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi

Offset

. (2008), Strategi

Pemasaran, Yogyakarta, CV Andi Offset

. (2011), Strategi

Pemasaran, Yogyakarta, CV Andi Offset

Usmara, 2008. Pemikiran Kreatif

Pemasaran. Asmara Books, Yogyakarta. Jurnal :

Nurul Agustin Liana (2017), Hubungan Kualitas Layanan Pendidikan Gratis Terhadap Kepuasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Jurnal AKP Volume 7, Nomer 2, Agustus

Puspo Dewi Dirgantari (2012), Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhdap Kepuasan Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University, Jurnal ilmu manajemen dan bisnis Volume 3, nomer 2, Desember

Ruri Puspita Sari, Bambang Budi Wiyono, Sari Dan Wiyono, Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik Dan Orangtua Peserta Didik. Volume 24, Nomor. 255-65

Sarma Ma’mun, Munandar, Jono Mintarto, Pramono Setio (2017), Model Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Siswa Dan Orang Tua (Studi Kasus Pada Layanan Online Web Di SMK Negeri 1 Kota Bogor). MT – Economic and Management (1683)

Yanti Mala (2017), Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa Pada TK Al Munawaroh Karawang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume 1, Nomer 2, Desember 2017

Website :

http://referensi.data.kemdikbud.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.