KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER UTAMA DALAM PENCIPTAAN KEPUASAAN KONSUMEN PADA RESTORAN PIZZA HUT PADJAJARAN BOGOR

Dinda Warsa, Oktori Kiswati Zaini, Fredi Andria

Abstract


Semakin berkembangnya  restoran  cepat  saji  di  Bogor  membuat  Pizza  Hut  harus  mampu bersaing, terutama dalam kualitas pelayanannya, selama 3 tahun terakhir pengunjung Pizza Hut mengalami penurunan, dan masih banyak terdapat keluhan pelayanan terlihat dari web sidePizza Hut. Untuktetap dapatbersaing Pizza Hut berusahameningkatkankualitaspelayanan di setiapoutlet atau cabanggerainya terutama Pizza Hut di Padjajaran Bogor. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui  kualitas  pelayanan  pada  outlet  Pizza  HutPadjajaran  Bogor.(2).  Untuk  mengetahui kepuasan konsumen pada outlet Pizza Hut Padjajaran Bogor.(3). Untuk mengetahui kualitas pelayanan merupakan salah satu parameter dalam penciptaan kepuasaan konsumen pada outlet Pizza Hut Padjajaran Bogor.

Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 respondenya itu pengunjung Pizza Hut Padjajaran Bogor. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif, korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi (r²) dengan menggunakan SPSS 23.

Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan pada Pizza Hut Padjajaran Bogor di nilai baik dengan nilai rata-rata   sebesar 71,55%, sedangkan untuk tanggapan responden kepuasan konsumen

nilai  rata-ratanya  sebesar  70,48%  termasuk  kedalam  kriteria  baik.  Hasil  analisis  korelasi  rank spearman diperoleh rs= 0.503, artinya kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen mempunyai parameter yang kuat. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 58,83%, artinya kualitas  pelayanan  mempengaruhi  kepuasan  konsumen  sebesar  58,83%,%  dan  sisanya  74,40%, dipengaruhi oleh faktor lainnya setelah dilakukan uji hipotesis pada Pizza Hut Pajajaran Bogor, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat parameter positif, antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Adisaputro, Gunawan. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Unit Penerbit dan

Dharmmesta, Basu Swastha dan T.Hani Handoko. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPPFE.

Danang, Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

. (2015). Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Daryanto dan Ismanto Setyabudi. (2014).

Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Erni Tisnawati Sule dan kurniawan Saefullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Handi Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran.

Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2016).

Marketing Manajemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

(2012). Marketing Manajemen, 15th

Edition, Pearson Education,Inc.

Lovelock, Christoper, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. (2011). Pemasaran Jasa. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat (2013). Manajemen

Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ratnasari, Tri. Ririn, dan Mastuti Aksa (2016).

Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran

Jasa. Bogor: Cetakan Kedua. Ghalia

Indonesia.

Griffin, Ricky W. (2016). Manajemen. Edisi

Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sangadji, Etta. Mamang, dan Sopiah (2013), Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu , (2011), Metodelogi Penelitian

Manajemen.

Ali, Hasan (2013).Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

. (2015), Metodelogi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). (Bandung: ALFABETA).

. (2016),Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono Fandy. (2015),Strategi Pemasaran.

Yogyakarta: Cv. ANDI OFFSET

. (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Tony Wijaya, (2011). Manajemen Kualitas Jasa,

Cetakan ke-1, Kembangan-Jakarta

Barat : PT. Indeks

Unaradjan, Dominikus Dolet (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Penerbit Universitas Atmajaya.

Zulian Yamit. (2013). Manajemen Kualitas

Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Zeithaml, V.A., MJ. Bitner, D.D. Grember. (2013). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th ed. Mc.Graw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.