KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER UTAMA DALAM PENCIPTAAN KEPUASAAN KONSUMEN PADA RESTORAN PIZZA HUT PADJAJARAN BOGOR
Abstract
Semakin berkembangnya restoran cepat saji di Bogor membuat Pizza Hut harus mampu bersaing, terutama dalam kualitas pelayanannya, selama 3 tahun terakhir pengunjung Pizza Hut mengalami penurunan, dan masih banyak terdapat keluhan pelayanan terlihat dari web sidePizza Hut. Untuktetap dapatbersaing Pizza Hut berusahameningkatkankualitaspelayanan di setiapoutlet atau cabanggerainya terutama Pizza Hut di Padjajaran Bogor. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kualitas pelayanan pada outlet Pizza HutPadjajaran Bogor.(2). Untuk mengetahui kepuasan konsumen pada outlet Pizza Hut Padjajaran Bogor.(3). Untuk mengetahui kualitas pelayanan merupakan salah satu parameter dalam penciptaan kepuasaan konsumen pada outlet Pizza Hut Padjajaran Bogor.
Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 respondenya itu pengunjung Pizza Hut Padjajaran Bogor. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif, korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi (r²) dengan menggunakan SPSS 23.
Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan pada Pizza Hut Padjajaran Bogor di nilai baik dengan nilai rata-rata sebesar 71,55%, sedangkan untuk tanggapan responden kepuasan konsumen
nilai rata-ratanya sebesar 70,48% termasuk kedalam kriteria baik. Hasil analisis korelasi rank spearman diperoleh rs= 0.503, artinya kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen mempunyai parameter yang kuat. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 58,83%, artinya kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 58,83%,% dan sisanya 74,40%, dipengaruhi oleh faktor lainnya setelah dilakukan uji hipotesis pada Pizza Hut Pajajaran Bogor, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat parameter positif, antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Adisaputro, Gunawan. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Unit Penerbit dan
Dharmmesta, Basu Swastha dan T.Hani Handoko. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPPFE.
Danang, Sunyoto. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
. (2015). Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Daryanto dan Ismanto Setyabudi. (2014).
Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Erni Tisnawati Sule dan kurniawan Saefullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Handi Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran.
Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2016).
Marketing Manajemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
(2012). Marketing Manajemen, 15th
Edition, Pearson Education,Inc.
Lovelock, Christoper, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. (2011). Pemasaran Jasa. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat (2013). Manajemen
Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ratnasari, Tri. Ririn, dan Mastuti Aksa (2016).
Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran
Jasa. Bogor: Cetakan Kedua. Ghalia
Indonesia.
Griffin, Ricky W. (2016). Manajemen. Edisi
Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Sangadji, Etta. Mamang, dan Sopiah (2013), Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).
Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu , (2011), Metodelogi Penelitian
Manajemen.
Ali, Hasan (2013).Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).
. (2015), Metodelogi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). (Bandung: ALFABETA).
. (2016),Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: ALFABETA).
. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tjiptono Fandy. (2015),Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Cv. ANDI OFFSET
. (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Tony Wijaya, (2011). Manajemen Kualitas Jasa,
Cetakan ke-1, Kembangan-Jakarta
Barat : PT. Indeks
Unaradjan, Dominikus Dolet (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Penerbit Universitas Atmajaya.
Zulian Yamit. (2013). Manajemen Kualitas
Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Zeithaml, V.A., MJ. Bitner, D.D. Grember. (2013). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th ed. Mc.Graw-Hill.
Refbacks
- There are currently no refbacks.