ANALISIS PROGRAM PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA JOB PERTAMINA MEDCO TOMORI JAKARTA

Fajar Triutama, Wonny Ahmad Ridwan, Angka Priatna

Abstract


Dalam organisasi, karyawan memiliki peran yang sangat besar dalam melaksanakan aktivitas organisasi, untuk itu organisasi perlu meberikan program pelatihan kerja yang terampil, lebih mudah, dan diarahkan untuk mengerjakan tugas yang diberikan organisasi. Proses program pelatihan dilaksanakan setelah terjadi penerimaan karyawan. Bagi organisasi dalam penerimaan karyawan menekankan pada mereka yang sudah berpengalaman, tentu saja program pelatihan diberikan jauh lebih sedikit, sedangkan bagi yang tidak memiliki pengalaman organisasi perlu memberikan program pelatihan yang lebih banyak. JOB Pertamina Medco Tomori Jakarta merupakan gabungan dari tiga perusahaan yang bergerak dalam eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di Indonesia. Setiap tahunnya perusahaan melakukan pelatihan bagi karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan dan mengikuti perubahan standar keahlian di dunia pertambangan minyak dan gas. Laporan penilaian kinerja karyawan pada periode tahun 2015 hingga tahun 2017 diketahui bahwa masih terdapat permasalahan pada kinerja karyawan berupa tidak tercapainya target realisasi kinerja karyawan. Hal ini menunjukan bahwa program pelatihan yang selama ini dilaksanakan masih belum baik atau belum sesuai dengan harapan sehingga kinerja karyawan berada pada kriteria sedang dan rendah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh antara program pelatihan dengan kinerja karyawan pada JOB  Pertamina  Medco Tomori  Jakarta.  Penelitian  mengenai  pengaruh  antara  program  pelatihan dengan kinerja karyawan dilakukan pada JOB Petamina Medco Tomori Jakarta dengan menggunakan data  primer  berupa  observasi,  wawancara,  dan  kuesioner  serta  data  sekunder  dengan  jumlah responden sebanyak 210 orang yang kemudian dilakukan penarikan sampling sehingga diperoleh 138 orang sample. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji realibilitas, analisis korelasi rank spearman, koefisien determinasi, serta uji beda. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa terdapat perbedaan kinerja karyawan yang signifikan (nyata) antara sebelum pelatihan dengan setelah pelatihan. Dengan demikian maka dengan adanya pelatihan telah menunjukkan adanya peningkatan kinerja karyawan. Program pelatihan yang ada perlu dipertahankan dan ditingkatkan meliputi perencanaan program pelatihan, sistematika program pelatihan,  kesesuaian  program pelatihan,  pelaksanaan  program pelatihan,  dan  kegunaan program pelatihan. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan pada JOB Pertamina Medco Tomori secara umum baik dan disarankan untuk melakukan peningkatan pada program pelatihan karena berhubungan dengan kinerja karyawan. Dengan semakin meningkatnya program pelatihan maka akan meningkatkan kinerja karyawan pada JOB Pertamina Medco Tomori.

Full Text:

PDF

References


Colquitt Jason A., Jeffery A. Lepine, and Michael J. Wesson. 2013. Organizational Behavior : Improving Performance and Commitment in The Workplace. Third Edition. McGraw-Hill International Edition.

Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 14. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Dharma, Agus. 2013. Manajemen Supervisi.

Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Gomes, Faustino Cardoso. 2014 Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi,. Yogyakarta, .

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Ilyas, Yaslis. 2012. Kinerja : Teori, Penilaian, dan Penelitian, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia, Depok.

Ivancevich J. 2014. Human Resource Management 11th. McGraw-Hill, International Edition, Singapore.

Mangkunegara, Anwar Prabu.2016.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Penerbit PT. Remaja Rosda

Karya, Bandung.

Mathis, Robert L dan Jackson John H. 2012.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Moekijat. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Mandar Maju, Jakarta.

Panggabean, Mutiara S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Prawirosentono, Suyadi. 2013. Manajemen Sumberdaya Manusia : Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Menjelang Perdagangan Bebas Dunia. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri,

Performance Appraisal. Cetakan Pertama, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sedarmayanti. 2016. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju, Bandung.

Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah. 2013.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Siagian, Sondang P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, Jakarta.

Soeprihanto, John. 2016. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Soetrisno, Edi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Administrasi. Penerbit Alfabeta,

Bandung.

Suwatno, dan Juni Priansa, Doni.2014.

Manajemen SDM Dalam Organisasi

Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan dan

Motivasi. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. PT. Raja

Grafindo Parsada: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.