PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS II RSUDKOTA BOGOR)
Abstract
Arsen Dwireno Sanyata Purnama. 021114531. Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen
(Studi Pada Konsumen Di Ruang Rawat Inap Kelas II RSUD Kota Bogor). Pembimbing: Hari Muharam
dan Yuary Farradia. 2019.
Servicescape dibutuhkan setiap perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Pemerintah
dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya sudah memberikan batasan-batasan atau
standar yang harus diterima oleh masyarakat lewat undang-undang maupun melalui peraturan daerah di
seluruh Indonesia. Seperti halnya yang diatur pada Pasal 13 Ayat 2 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor
56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, bahwa rumah sakit perlu memenuhi
persyaratan tata bangunan dan lingkungan serta persyaratan keandalan bangunan dan prasarana rumah
sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi dan menganalisa servicescape di
Ruang Rawat Inap Kelas II RSUD Kota Bogor. (2) Untuk mengetahui kepuasan konsumen pada Ruang
Rawat Inap Kelas II RSUD Kota Bogor. (3) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh servicescape
terhadap kepuasan konsumen pada Ruang Rawat Inap Kelas II RSUD Kota Bogor.
Penelitian ini dilakukan di RSUD Kota Bogor. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak
100. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23
dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan Uji t (Parsial).
Berdasarkan uji t indikator Ambient Dimension, Spatial Layout And Functionality, dan Signs,
Symbols, and Artifact mendapatkan hasil output SPSS nilai ketiga indikator servicescape memiliki nilai
signifikan 0,000 < 0,05 yang memiliki arti menolak Ho artinya semuanya berpengaruh parsial dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.