PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL LORIN SENTUL

Muhammad Imam Fazrurahman, Hari Muharam, Yuary Farradia

Abstract


MUHAMMAD IMAM FAZRURAHMAN, 0211 14 595, Manajemen, Pemasaran, Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen, Ketua komisi pembimbing HARI MUHARAM dan
Anggota komisi pembimbing YUARY FARRADIA, tahun 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
pada Hotel Lorin Sentul yang beralamat di Sentul Circuit, Jl. Citereup KM 32, Bogor, Jawa Barat,
Indonesia.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode kuesioner,
wawancara, dan observasi. Kuesioner yang disebarkan kepada 110 orang responden yaitu pengunjung
Hotel Lorin Sentul yang menginap. Metode analisis data yang digunakan adalah, analisis regresi linier
sederhana, analisis koefisien determinasi, dan uji signifikansi pengaruh parsial.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y= 25,106+0,213X dari persamaan tersebut dapat diartikan
bahwa jika tidak ada kualitas pelayanan maka kepuasan konsumen nilainya 25,106, sedangkan pada
setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar satu, maka kepuasan konsumen juga akan meningkat
sebesar 0,213. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 23,6% artinya sumbang
pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 23,6% sedangkan sisanya
dipengaruhi variabel lain. Hasil uji signifikansi pengaruh parsial diperoleh t hitung sebesar 5,75675
dan angka tersebut lebih besar daripada t tabel dengan signifikansi 5% dan df-2 yaitu 1,65909. Karena
t hitung (5,75675>1,65909) t tabel maka Ho ditolak. jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Andi Supangat (2008).,Statistik Dalam

Kajian Deskriptif, Inferensi Dan

Paramatik. Jakarta. Kencana

Preneda.

Imam Ghozali (2011), Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program

Spss, Semarang, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Philip Kotler (2008), Manajemen

Pemasaran, Jakarta, Salemba

Empat

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian.

Bandung. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.