ANALISIS PELAKSANAAN PENGENDALIAN KUALITAS GUNA MEMINIMUMKAN PRODUK CACAT PADA PT. VACPACK INDONESIA
Abstract
Mughny Ramadhan. 021115703. Analisis Pelaksanaan Pengendalian Kualitas Guna Meminimumkan Produk
Cacat Pada PT. Vacpack Indonesia. Pembimbing: Jaenudin dan Tutus Rully. 2019.
PT. Vacpack Indonesia merupakan perusahaan pengolahan plastik dalam memproduksi kemasan mika
plastik. telah melaksanakan pengendalian kualitas dalam memproduksi produk VX 4 GS sesuai dengan standar
yang telah ditetapkan. Upaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan
menggunakan analisis Statistical Process Control dengan alat bantu P-Chart dan Fish bone Diagram. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengendalian kualitas di PT. Vacpack Indonesia masih dalam batas
kendali dan menentukan f aktor apa saja yang mempengaruhi produk cacat. Populasi yang diteliti adalah seluruh
produk VX 4 GS yang diproduksi pada bulan Agustus 2017-Juli 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa pengendalian kualitas masih kurang optimal yang di buktikan dengan pengendalian kualitas dengan
menggunakan alat analisis peta kendali P-chart produk cacat yang ada di perusahaan pada bulan oktober,
desember, februari, maret, dan mei masih di luar batas kendali dan melebihi batas toleransi sehingga tidak
memenuhi kriteria pengendalian kualitas. Sedangkan berdasarkan hasil analisis fish bone diagram yaitu produk
cacat dipengaruhi oleh faktor utama yaitu metode (method) dan manusia/tenaga kerja (man), pada saat proses
pemasukan bahan baku yang tidak sesuai dengan takaran , tidak sesuai SOP, teknik cara memasuki bahan baku
kurang oprimal manual kerja tidak baik, dan hal ini menjadi kunci keberhasilan kualitas itu baik atau tidak dan
kurangnya ketelitian manusia/tenaga kerja (man) dalam membedakan sampah, kurangnya keterampilan dalam
operasikan mesin serta kesalahan dalam mencampur bahan baku yang salah
Full Text:
PDFReferences
Abdul, F.,A., D., dan Wasilah. (2012).
Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.
Alma, B. (2011).Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa. Cetakan
Kesembelian. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan
Operasi. Edisi Revisi 2008. Jakarta :
Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia.
Deitiana, T. (2011). Manajemen Operasional
Strategi dan Analisa Services dan
Manufaktur. Edisi Pertama. Jakarta:
Mitra Wacana Media.
Gaspersz, V. (2013). Marketing innovation.
Jakarta: Tri-Al-Bros.
Haming, M., dan Nurnajamuddin, M. (2012.)
Manajemen Produksi Modern. Edisi
Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Handoko, T., H.(2008). Manajemen
Personalia Sumber Daya Manusia.
Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit:
BPFE.
Heizer, J., and Render, B. (2015).
Manajemen Operasi: Manajemen
Keberlangsungan dan Rantai Pasokan,
edisi 11.Jakarta: Salemba Empat.
Irham, F. (2012). Manajemen Produksi dan
Operasi. Bandung: Alfabeta.
Karyoto. (2016) Dasar Dasar Manajemen
Teori, Definisi dan Konsep.
Yogyakarta: Andi Offset.
Mahadevan, B.
Mathur, U.C. (2010). RetailManagement Text
And Cases.New Delhi: House Pvt. Ltd
Montgomery, C., D. (2009). Statistical
Quality Control (6th ed). Asia: John
Wiley &Sons (Asia) Pte. Ltd.
Prasetya, H., dan Lukiastuti, F. (2011).
Manajemen Operasi.Yogyakarta
:
CAPS.
Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. Edisi
Pertama. Bandung: Pustaka Setia.
Setyaningrum, A., Udaya, J., dan Efendi.
(2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran
(Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang
Pemasaran Global, Pemasaran Jasa,
Green Marketing, Entrepreneural
Marketing
dan Emarketing).
Yogyakarta: Andi.
Stevenson, William J., and Choung, S., C.
(2014).ManajemenOperasi. Edisi 9.
Jakarta: McGraw-Hill Education (Asia)
dan Salemba Empat.
Sunyoto, D.
(2012). Manajemen
Pemasaran.Yogyakarta: Buku Seru.
Tampubolon, M., P. (2014). Manajemen
Operasi dan Rantai Pemasok. Jakarta:
Mitra Wacana Media.
Tunggal, A., W. (2009). Pokok Pokok
Manajemen Operasi.
Jakarta:
Harvarindo.
V. Ravi. (2015). Industrial Engineering And
Management. Delhi: PHI Learning
Private Limited.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas
Jasa.Jakarta : PT Indeks.
(2010).Operation
Managements: Theory and Practic).
Second Edition. Chenai, India: Pearson.
Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas
Produk & Jasa. Yogyakarta. Ekonesia.
Masiyah, K., dan Yuningsih. (2009).
Akuntansi Biaya. Malang: UMM
Press.pengambilan
keputusan.
Yogyakarta : BPFE.
Refbacks
- There are currently no refbacks.