ANALISIS PELAKSANAAN PENGENDALIAN KUALITAS GUNA MEMINIMUMKAN PRODUK CACAT PADA PT. VACPACK INDONESIA

Mughny Ramadhan, Jaenudin Jaenudin, Tutus Rully

Abstract


Mughny Ramadhan. 021115703. Analisis Pelaksanaan Pengendalian Kualitas Guna Meminimumkan Produk
Cacat Pada PT. Vacpack Indonesia. Pembimbing: Jaenudin dan Tutus Rully. 2019.
PT. Vacpack Indonesia merupakan perusahaan pengolahan plastik dalam memproduksi kemasan mika
plastik. telah melaksanakan pengendalian kualitas dalam memproduksi produk VX 4 GS sesuai dengan standar
yang telah ditetapkan. Upaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan
menggunakan analisis Statistical Process Control dengan alat bantu P-Chart dan Fish bone Diagram. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengendalian kualitas di PT. Vacpack Indonesia masih dalam batas
kendali dan menentukan f aktor apa saja yang mempengaruhi produk cacat. Populasi yang diteliti adalah seluruh
produk VX 4 GS yang diproduksi pada bulan Agustus 2017-Juli 2018. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa pengendalian kualitas masih kurang optimal yang di buktikan dengan pengendalian kualitas dengan
menggunakan alat analisis peta kendali P-chart produk cacat yang ada di perusahaan pada bulan oktober,
desember, februari, maret, dan mei masih di luar batas kendali dan melebihi batas toleransi sehingga tidak
memenuhi kriteria pengendalian kualitas. Sedangkan berdasarkan hasil analisis fish bone diagram yaitu produk
cacat dipengaruhi oleh faktor utama yaitu metode (method) dan manusia/tenaga kerja (man), pada saat proses
pemasukan bahan baku yang tidak sesuai dengan takaran , tidak sesuai SOP, teknik cara memasuki bahan baku
kurang oprimal manual kerja tidak baik, dan hal ini menjadi kunci keberhasilan kualitas itu baik atau tidak dan
kurangnya ketelitian manusia/tenaga kerja (man) dalam membedakan sampah, kurangnya keterampilan dalam
operasikan mesin serta kesalahan dalam mencampur bahan baku yang salah


Full Text:

PDF

References


Abdul, F.,A., D., dan Wasilah. (2012).

Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Alma, B. (2011).Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa. Cetakan

Kesembelian. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan

Operasi. Edisi Revisi 2008. Jakarta :

Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi

Universitas Indonesia.

Deitiana, T. (2011). Manajemen Operasional

Strategi dan Analisa Services dan

Manufaktur. Edisi Pertama. Jakarta:

Mitra Wacana Media.

Gaspersz, V. (2013). Marketing innovation.

Jakarta: Tri-Al-Bros.

Haming, M., dan Nurnajamuddin, M. (2012.)

Manajemen Produksi Modern. Edisi

Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handoko, T., H.(2008). Manajemen

Personalia Sumber Daya Manusia.

Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit:

BPFE.

Heizer, J., and Render, B. (2015).

Manajemen Operasi: Manajemen

Keberlangsungan dan Rantai Pasokan,

edisi 11.Jakarta: Salemba Empat.

Irham, F. (2012). Manajemen Produksi dan

Operasi. Bandung: Alfabeta.

Karyoto. (2016) Dasar Dasar Manajemen

Teori, Definisi dan Konsep.

Yogyakarta: Andi Offset.

Mahadevan, B.

Mathur, U.C. (2010). RetailManagement Text

And Cases.New Delhi: House Pvt. Ltd

Montgomery, C., D. (2009). Statistical

Quality Control (6th ed). Asia: John

Wiley &Sons (Asia) Pte. Ltd.

Prasetya, H., dan Lukiastuti, F. (2011).

Manajemen Operasi.Yogyakarta

:

CAPS.

Rusdiana. (2014). Manajemen Operasi. Edisi

Pertama. Bandung: Pustaka Setia.

Setyaningrum, A., Udaya, J., dan Efendi.

(2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran

(Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang

Pemasaran Global, Pemasaran Jasa,

Green Marketing, Entrepreneural

Marketing

dan Emarketing).

Yogyakarta: Andi.

Stevenson, William J., and Choung, S., C.

(2014).ManajemenOperasi. Edisi 9.

Jakarta: McGraw-Hill Education (Asia)

dan Salemba Empat.

Sunyoto, D.

(2012). Manajemen

Pemasaran.Yogyakarta: Buku Seru.

Tampubolon, M., P. (2014). Manajemen

Operasi dan Rantai Pemasok. Jakarta:

Mitra Wacana Media.

Tunggal, A., W. (2009). Pokok Pokok

Manajemen Operasi.

Jakarta:

Harvarindo.

V. Ravi. (2015). Industrial Engineering And

Management. Delhi: PHI Learning

Private Limited.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas

Jasa.Jakarta : PT Indeks.

(2010).Operation

Managements: Theory and Practic).

Second Edition. Chenai, India: Pearson.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas

Produk & Jasa. Yogyakarta. Ekonesia.

Masiyah, K., dan Yuningsih. (2009).

Akuntansi Biaya. Malang: UMM

Press.pengambilan

keputusan.

Yogyakarta : BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.