ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA PT. SINAR BERLIAN AUTO GRAHA CIBINONG)

Riswan Maulana, Ferdisar Adrian, Aditya Prima Yudha

Abstract


Riswan Maulana NPM 021114297. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan
Bersaing (Studi Pada PT Sinar Berlian Auto Graha Cibinong). Ketua Komisi Pembimbing Bapak
Ferdisar Adrian dan Anggota Komisi Pembimbing Bapak Aditya Prima Yudha. Tahun 2019.
Penurunan penjualan produk Mitsubushi pada PT sinar Berlian Auto Graha pada tahun 2015-
2017 sementara pada penjualan nasional untuk produk Mitsubishi mengalami peningkatan. kemudian
Penjualan kendaraan produk kompetitor mengalami peningkatan dari tahun 2016-2017 dibandingkan
dengan penjualan kendaraan Mitsubishi PT sinar Berlian Auto Graha. Oleh karena itu di butuhkan
perencanaan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan pangsa pasarnya.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui variabel-variabel
yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknes), peluang (Opportunity) dan ancaman
(Threat) pada PT Sinar Berlian Auto Graha dan mengetahui penerapan strategi pemasaran yang
dilakukan oleh PT Sinar Berlian Auto Graha dalam meningkatkan keunggulan bersaing.
Lokasi penelitian yitu PT. Sinar Berlan Auto Graha yang beralamatkan di Jl Raya Jakarta
Bogor Km 49 No 27 Nanggewer Cibinong Bogor. Metode pengumpulan datanya menggunakan data
primer (wawancara dan observasi) dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis yang digunakan
yaitu metode analisis deskriptif (ekploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi
pemasaran pada PT. Sinar Berlian Auto Graha. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE,
Matriks IFE, analisis SWOT, Matriks IE dan Matriks BCG.
Hasil analisis strategi pemasaran PT Sinar Berlian Auto Graha dapat diperoleh Berdasarkan
hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling
berpengaruh bagi PT Sinar Berlian Auto Graha yaitu berkembangnya Industri atau Pabrik, Sehingga
potensi angkutan berat dibutuhkan oleh perusahaan dengan skor 0.392. Sedangkan faktor yang
menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah masuknya dealer-dealer mobil merk lain di
daerah Bogor dengan skor 0.392. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah
Lokasi perusahaan berada dikawasan industri berat yang bertaraf Nasional dan Internasional dengan
skor 0.336, sedangkan kelemahannya adalah Produk lebih mahal daripada kompetitor dengan skor
0.377. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu Memperbesar market share dengan memasuki
rute-rute yang potensial dan meningkatkan pelayanan kepada pelangggan melalui pengembangan
system dan teknologi informasi yang berorientasi kepada kebutuhan pelanggan. Strategi WO yaitu,
Pengembangan e-commerce yang mendukung, pengembangan sistem yang membantu dalam
pengambilan keputusan. Strategi ST yaitu Pengembangan produk yang berkualitas disesuaikan dengan
kebutuhan pelanggan. Strategi WT yaitu mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada melalui
pelatihan dan pengembangan keahlian. Berdasarkan matriks IE, PT Sinar Berlian Auto Graha berada
pada kuadran II yaitu Growt and Build. Berdasarkan matriks BCG PT Sinar Berlian Auto Graha
berada pada posisi Dog.
Jadi dengan bertumbuhnya industri otomotif. Perusahaan harus mengembangkan pasar serta
melakukan kegiatan promosi yang efektif agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 2013.Manajemen Pemasaran

Strategis. Edisi kedelapan. Salemba

Empat, Jakarta.

Buchari, Alma. (2014), Manajemen Pemasaran

dan Pemasaran Jasa. Bandung, Penerbit

CV. Alfabeta.

David W. Cravens.(2006), Pemasaran Strategis.

Edisi Ke Empat, Jilid Satu, Jakarta,

Penerbit Erlangga.

David Fred R, 2008. Strategic Management :

Management Strategis Konsep. Salemba

Empat, Jakarta

David, Fred R. (2011), Manajemen Strategis,

Edisi Kedua Belas, Jakarta, Penerbit

Salemba Empat.

David Fred R, 2015. Strategic Management :

Management Strategis Konsep. Salemba

Empat, Jakarta

David, Fred R. dan David Forest R. 2017.

Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan

Keunggulan Bersaing. Jakarta : Salemba

Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.