Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya

Deni Febrian, Ferdisar Adrian, Yetty Husnul H

Abstract


DENI FEBRIAN. NPM 021114373. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan
Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya.
Dibawah bimbingan Bapak FERDISAR ADRIAN dan Ibu YETTY HUSNUL H. Tahun 2018.
Uraian secara singkat mengenai :
Sekolah memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sebagai tempat untuk
mendapatkan ilmu softskill dan hardskill apabila di hadapkan ke perlombaan atau tingkat pendidikan yang lebih
tinggi. Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor merupakan jumlah sekolah yang cukup banyak, baik sekolah
SD,MI, SMP,SMA dan SMK. Badan Pusat Statistika Kecamatan Tenjolaya Bogor mencatat pada tahun 2017
jumlah penduduk laki-laki dan perempuan sebanyak 58.237 jiwa mengalami peningkatan pada tahun 2018
menjadi 58.739 jiwa. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Cendekia merupakan sekolah menengah pertama
berbasis swasta yang terletak di Bogor dan berlokasi di Kp. Babakan Desa. Cinangneng Kecamatan Tenjolaya
Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya harus memiliki kualitas pelayanan
yang baik dan sesuai dengan harapan siswa. Jika harapan siswa ini sesuai dengan apa yang dialami dan dirasakan
melebihi harapannya sudah dapat dipastikan siswa tersebut akan merasa puas. Bila yang dialami dan dirasakan
siswa tidak sesuai dengan harapannya, misalnya pelayanannya tidak ramah, tidak tanggap dan pembelajaran nya
tidak baik, sudah dapat dipastikan siswa tidak merasa puas.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan
dengan Kepuasan Siswa Yang Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia
Tenjolaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey yang
menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan
jumlah 140 responden.
Berdasarkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan Sekolah Menengah
Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 69,69%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%-80%), sehingga
dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya baik hal ini
dapat ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai kehandalan, daya tanggap,
empati, dan jaminan kecuali bukti fisik yang kurang baik menanggapi pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia
Tenjolaya. Sedangkan tabel hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan siswa pada Sekolah
Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya sebesar 73,83%. Dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60%80%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa pada Sekolah Menenga hPertama Cendekia Tenjolaya puas hal ini dapat ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden mengenai membeli lagi,

merekomendasikan (word of mouth) dan konfirmasi harapan pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia
Tenjolaya.
Berdasarkan hasil analisi korelasi rank spearman antara kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa
mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan nilai sebesar 0,499 dimana skor tersebut berada pada interval 0,400,599

artinya bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan siswa pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia
Tenjolaya mempunyai hubungan yang cukup kuat. Didalam hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan
bahwa tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan
dengan kepuasan siswa yang signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang
positif terbukti.


Full Text:

PDF

References


Abdurachman, Nana Herdiana. 2015.

Manajemen Strategi Pemasaran.

Bandung Pustaka Media

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. 2009.

Manejemen Pemasaran. Edisi Bahasa

Indonesia. Erlangga, Jakarta

Andrisan Sudarso (2016), Manajemen

Pemasaran

Jasa Perhotelan

______________________________.

Marketing Management 13.

New Jersey : Pearson Prentice Hall

Inc.

(Dilengkapi dengan Hasil Riset Pada

Hotel Berbintang di Sumatera

Utara), Yogyakarta, Deepublish.

Buchari Alma. 2009. Manajemen

Pemasaran Jasa, CV Alfabeta :

Bandung

Lovelock, Christoper & Jochen Wirts

(2007). Service Marketing: People

Technologi, Strategy. (7th Edition).

Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.