ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA COFFEE SHOP DI BOGOR (Studi kasus pada Ruang Kopi dan Syahaba Coffee)
Abstract
Valiant Veritya 0211 13 723. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Analisis Strategi Pemasaran pada Coffee Shop di Bogor (Studi
Kasus pada Ruang Kopi dan Syahaba Coffee). Mandiri. Ferdisar Adrian, S.E, M.M. dan Yuary Farradia, Ir, M.S.c.
Kopi merupakan minuman yang diminati oleh sebagian besar orang. Saat ini coffee shop di kota Bogor mengalami pertumbuhan
yang signifikan. Ruang Kopi dan Syahaba Coffee adalah dua diantara beberapa coffee shop di Bogor yang menjual kopi nusantara.
Perkembangan coffee shop yang semakin meningkat dari tahun ketahun mengharuskan pihak manajemen untuk menyiapkan
alternatif strategi pemasaran agar dapat bertahan pada posisinya. Tujuan dari penelitian ini yaitumenganalisis keterkaitan atau
hubungan rencana pemasaran pada Ruang Kopidan Syahaba Coffeedi Kota Bogordan mengidentifikasi faktor-faktor internal
maupun eksternal serta menganalisa alternatif strategi yang digunakan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi
kelemahan dan ancaman.Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif.Jenis data yang digunakan terdiri dari data
primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT, dan space
matrix. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ruang Kopi dan Syahaba Coffeepada posisi perusahaan Agresif. Berdasarkanidentifikasi
dari analisis matriks SWOT dihasilkan 10 alternatif strategi pemasaran.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran StrategiEdisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. JakartaBumi Aksara
Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep dan
Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2018. PDRB Per Kapita dKota Bogor 2013-2017. Diakses pada Tanggal 21Oktober 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.