EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN SEBAGAI STRATEGI MEMINIMALISIR TINGKAT ANTRIAN DI KANTOR CABANG BPJS KESEHATAN KABUPATEN BOGOR

Lisa Mila Sari, Sri Hartini, Fredi Andria

Abstract


PerkembanganTeknologidanKomunikasisaatinisemakinpesat.Demikianjugahalnyadalam
jaminankesehatandibutuhkanPenerapanTeknologiKomunikasidanInformasi.Aplikasimobile
JKN merupakansuatubentuktransformasidigitalmodelbisnisBPJSKesehatanyangsemula
berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan,
ditransformasikedalam bentukaplikasiyangdapatdigunakanolehpesertadimanasajadan
kapan saja serta diharapkan dapat mengurangiantrian disetiap Kantor Cabang BPJS
Kesehatan.PenelitiinginmelihatapakahpenggunaanaplikasimobileJKN sudahefektifatau
belum.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuiapasajafaktor-faktoryangdapatmenyebabkan
rendahnyapenggunaanaplikasimobileJKN danbagaimanaefektivitaspenggunaanaplikasi
tersebutdiKantorCabangKabupatenBogor.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisis
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya
penggunaan aplikasimobileJKN yaitu disebabkan oleh pesertayang enggan menggunakan
aplikasitersebut,pesertalebihmemilihdatanglangsungkeKantorLayanan,pesertaberasal
daridaerahsulitsinyaldanhanyamenggunakanaplikasiapabilainginmengecekkepesertaan
dan tagihan iuran .Berdasarkan analisa deskriptifmenggunakan rumus efektivitas bahwa
penggunaanaplikasimobileJKN diKantorCabangBPJSKesehatanKabupatenBogorberada
padakategori“sukses”atau“efektif”denganpersentasesebesar77,390% namundinilaibelum
mampumeminimalisirantrianyangterjadidiKantorLayanan.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen

PemasaranDanPemasaranJasa.Bandung:

Alfabeta.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen

PemasaranDanPemasaranJasa.Bandung:

Alfabeta.

Assauri,Sofjan.2018.Manajemen Bisnis

Pemasaran.Jakarta:RajawaliPers.

Kotler,PhilipandKevinLaneKeller.(2016):

MarketingManagement,15thEdition.New

Jersey:PearsonPreticeHall,Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen

Pemasaran. Edisi 3. Jakarta: Salemba

Empat.

Manap,Abdul.2016.RevolusiManajemen

Pemasaran,EdisiPertama.Jakarta:Mitra

WacanaMedia.

Santoso, Budi. 2018. Market Change.

Jakarta: PT Alex Media Komputindo

KelompokGramedia.

Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran.

Yogyakarta:Andi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

KualitatifdanR&D).Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.