EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN SEBAGAI STRATEGI MEMINIMALISIR TINGKAT ANTRIAN DI KANTOR CABANG BPJS KESEHATAN KABUPATEN BOGOR
Abstract
PerkembanganTeknologidanKomunikasisaatinisemakinpesat.Demikianjugahalnyadalam
jaminankesehatandibutuhkanPenerapanTeknologiKomunikasidanInformasi.Aplikasimobile
JKN merupakansuatubentuktransformasidigitalmodelbisnisBPJSKesehatanyangsemula
berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan,
ditransformasikedalam bentukaplikasiyangdapatdigunakanolehpesertadimanasajadan
kapan saja serta diharapkan dapat mengurangiantrian disetiap Kantor Cabang BPJS
Kesehatan.PenelitiinginmelihatapakahpenggunaanaplikasimobileJKN sudahefektifatau
belum.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuiapasajafaktor-faktoryangdapatmenyebabkan
rendahnyapenggunaanaplikasimobileJKN danbagaimanaefektivitaspenggunaanaplikasi
tersebutdiKantorCabangKabupatenBogor.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisis
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya
penggunaan aplikasimobileJKN yaitu disebabkan oleh pesertayang enggan menggunakan
aplikasitersebut,pesertalebihmemilihdatanglangsungkeKantorLayanan,pesertaberasal
daridaerahsulitsinyaldanhanyamenggunakanaplikasiapabilainginmengecekkepesertaan
dan tagihan iuran .Berdasarkan analisa deskriptifmenggunakan rumus efektivitas bahwa
penggunaanaplikasimobileJKN diKantorCabangBPJSKesehatanKabupatenBogorberada
padakategori“sukses”atau“efektif”denganpersentasesebesar77,390% namundinilaibelum
mampumeminimalisirantrianyangterjadidiKantorLayanan.
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2013. Manajemen
PemasaranDanPemasaranJasa.Bandung:
Alfabeta.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen
PemasaranDanPemasaranJasa.Bandung:
Alfabeta.
Assauri,Sofjan.2018.Manajemen Bisnis
Pemasaran.Jakarta:RajawaliPers.
Kotler,PhilipandKevinLaneKeller.(2016):
MarketingManagement,15thEdition.New
Jersey:PearsonPreticeHall,Inc.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen
Pemasaran. Edisi 3. Jakarta: Salemba
Empat.
Manap,Abdul.2016.RevolusiManajemen
Pemasaran,EdisiPertama.Jakarta:Mitra
WacanaMedia.
Santoso, Budi. 2018. Market Change.
Jakarta: PT Alex Media Komputindo
KelompokGramedia.
Sudaryono.2016.Manajemen Pemasaran.
Yogyakarta:Andi.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
KualitatifdanR&D).Bandung:Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.