HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA NEW AYUDA 2 HOTEL PUNCAK BOGOR

Mochamad Rizki Mauludi, Hari Muharam, Nancy Yusnita

Abstract


MOCHAMAD RIZKI MAULUDI NPM 021114191. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja
Karyawan pada New Ayuda 2 Hotel Puncak Bogor. Skripsi. Jurusan Manajemen Konsentrasi
Manajemen Sumber Daya Manusia Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Ketua
Komisi Pembimbing HARI MUHARAM dan Anggota Komisi Pembimbing NANCY YUSNITA.
Penelitian ini ditunjukan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan yang positif antara
Kepuasan Kerja dengan Kinerja Karyawan pada New Ayuda 2 Hotel Puncak Bogor. Selain itu, penelitian
ini juga ditunjukan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan kerja dengan kinerja Karyawan pada
New Ayuda 2 Hotel Puncak Bogor.
Penelitian mengenai Kepuasan Kerja dengan Kinerja Karyawan pada New Ayuda 2 Hotel Puncak
Bogor yang beralamatkan di Jl. Raya Puncak KM 70, Cipayung, Megamendung, Bogor Jawa Barat. Jenis
penelitian yang digunakan adalah explanatory survey, kemudian dalam skripsi ini penulis menggunakan
penelitian kuantitatif, karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistik untuk mengolah
hasil kuisioner sehingga dapat diketahui ada atau tidaknya hubungan antara Kepuasan kerja dengan
kinerja karyawan New Ayuda 2 Hotel Puncak Bogor.. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, dan uji hipotesis
koefisien korelasi yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini, mengungkapkan fakta bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepuasan
kerja dengan kinerja karyawan. Dimana, hasil koefisien korelasi rank spearman sebesar 0,660 artinya
kepuasan kerja dengan kinerja karyawan pada New Ayuda 2 Hotel Puncak Bogor memiliki hubungan
yang kuat. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 43,56% artinya Hasil analisis
koefisien determinasi kontribusi yang diberikan oleh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan
43,56% sedangkan 56,44% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar kepuasan kerja.Hasil uji hipotesis
koefisien korelasi diperoleh nilai t hitung sebesar 7,32027 dan angka tersebut lebih besar dari pada t tabel
dengan signifikansi 5% dan df-2 yaitu 1,68488. Karena thitung > ttabel (7,32027 > 1,68488) maka Ha diterima
dan Ho ditolak. Hal ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
kepuasan kerja dengan kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf, 2014. Manajemen dan

Evaluasi Kinerja Karyawan, Yogyakarta:

Aswaja Pressindo.

Charizal, Tedy Novianto, et.al. 2014. Pengaruh

Stres dan Kepuasan Kerja terhadap

Kinerja Perawat Rumah Sakit Ibu dan

Anak Eria Bunda Pekanbaru. Jurnal

Ekonomi. Vol. 1 No. 2 Hlm. 14.

Dessler, Garry 2010. Human Resource

Management, Jilid 1, (edisi sepuluh)

Indeks. Jakarta.

Edison, Emron,. Yohny Anwar, dan Imas

Komariyah (2016). Manajemen Sumber

Daya Manusia Sytrategi dan Perubahan

dalam Rangka Meningkatkan Kinerja

Pegawai dan Organisasi, Bandung;

Alfabeta.

Hariandja, Marhot, T.E. 2009. Manajemen

Sumber Daya Manusia Pengadaan,

Pengembangan, Pengkompensasian, Dan

Peningkatan Prodiktifitas Pegawai.

Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.