HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN OBAT REMICADE (INFLIXIMAB) PADA PT TANABE INDONESIA

Lia Apriani, Sri Hartini, Yetty Husnul H

Abstract


Berbagai peusahaan dalam bidang pengobatan berlomba-lomba untuk berinovasi mengeluarkan produk obat ethical dengan kualitas yang lebih baik lagi. Karena dari hari ke hari kebutuhan masyarakat akan obat semakin meningkat maka PT Tanabe indonesia selalu berinovasi untuk menghasilkan kualitas produk obat yang baik dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikannya. Karena apabila kualitas produknya bagus maka konsumen akan puas dan apabila konsumen tersebut sudah puas maka konseumen tersebut akan loyal dengan produk tersebut. Kegiatan perusahaan sendiri tidak berakhir sampai dengan terjadinya transaksi saja, tetapi juga berusaha agar hasil produksinya dapat memuaskan konsumen. Maka dari itu dengan kualitas produk yang baik maka konsumen akan puas dan loyal terhadap produk obat remicade (infliximab).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas produk obat Remicade (infliximab) PT Tanabe Indonesia, bagaimana loyalitas pelanggan obat Remicade (infliximab) PT Tanabe Indonesia dan apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan obat Remicade (infliximab) PT. Tanabe Indonesia. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik penyebaran kuesioner. Dengan populasi sebanyak 76 responden dimana responden merupakan pelanggan obat remicade (infliximab) PT Tanabe Indonesia. Metode penarikan sampel menggunakan metode sensus. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi rank spearman, dan uji signifikasi koefisien korelasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk obat remicade (infliximab) PT Tanabe Indonesia cukup baik, loyalitas pelanggan obat remicade (infliximab) PT Tanabe Indonesia cukup baik. Adanya hubungan antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan dan koefisien korelasinya sebesar rs= 0,731.  Saran yang dapat diberikan adalah PT Tanabe Indonesia sebaiknya lebih berinovasi lagi pada kualitas produk yang dihasilkan. Serta lebih banyak memberikan diskon produk kepada para konsumen agar konsumen lebih tertarik lagi untuk membeli produk obat remicade (infliximab) . Dan agar tidak terlalu banyak muncul keluhan pelanggan maka sebaiknya perusahaan menggunakan metode survei dan melakukan penyebaran kuesioner, agar produk yang di hasilkan perusahaan sesuai dengan apa yang diharapkan dan diinginkan oleh konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.