PENGARUH FIRM SIZE, PRICE EARNING RATIO (PER), NET PROFIT MARGIN (NPM), DEBT TO EQUITY (DER), TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) DAN OPERATING LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN & MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012-2016

Julita Julita, Edhi Asmirantho, Nugroho Arimuljarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Firm size, Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO) dan Operating Leverage terhadap return saham. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 dan diperoleh 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan penarikan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan analisis determinasi dengan menggunakan aplikasi E-Views 8.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Firm size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, variabel Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turnover (TATO) dan Operating Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Sedangkan variabel Price Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return saham.  Dan hasil penelitian secara simultan variabel independen (Firm size, Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO) dan Operating Leverage) berpengaruh signifikan terhadap return saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.