PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA VARIO (STUDI KASUS PADA CV KIRANA MOTORINDO JAYA)

Kiki Eka Setyawati, Oktori Kiswati Z, Yuary Farradia

Abstract


Disusu oleh Kiki Eka Setyawati Manajemen Pemasaran Pengaruh Citra Merk (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario Pada CV Kirana Motorindo Jaya. Ketua Komisi Pembimbing Oktori Kiswari Zaini  dan Anggota Komisi Pembimbing Yuary Farradia Tahun 2018

CV Kirana Motorindo Jaya adalah salah satu dealer dan bengkel resmi Honda (AHASS). Penelitian ini dilakukan karena penjualan motor Honda Vario pada CV Kirana Motorindo Jaya mengalami penurunan disetiap tahunnya. Dengan jumlah penjualan yang selalu menurun hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian terhadap motor Honda Vario juga rendah. Banyaknya faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih motor Honda Vario, terpilih faktor citra merek (brand image). Citra merek (brand image) dipilih karena berkaitan dengan citra dan kualitas motor Honda Vario yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih motor Honda Vario.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian pada CV Kirana Motorindo Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling dengan jumlah sampel 270 responden. Metode analisis yang digunakan adalah tanggapan responden dan metode regresi linier sederhana menggunakan SPSS 23.

Dari hasil analisis regresi liniear sederhana Y = 41,360 + 0,143 X, dengan koefisien regresi sebesar 0,143. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa citra merek (brand image) terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis diketahui bahwa pengaruh dari citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario pada CV Kirana Motorindo Jaya tergolong sedang dilihat dari dari nilai 0.595, selain itu berdasarkan koefisien determinasi yaitu nilai R square = 0,354 menunjukan bahwa sebesar 35,4% keputusan pembelian motor Honda Vario di pengaruhi oleh citra merek (brand image) sedangkan sisanya  64,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasrkan perbandingan uji t tabel dan t hitung maka dapat disimpulkan bahwa citra merek (brand image) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dikarenakan t hitung variabel citra merek (brand image) sebesar 2,380 > t tabel sebesar 1,96


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.