ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RITEL BERBASIS KOMUNITAS (STUDI KASUS: TOKO UMAT CABANG TANAH SAREAL BOGOR)

Ikhsan Fajariansyah Moro, Sri Hartini, Arie Wibowo Irawan

Abstract


Indonesia merupakan sebuah negara, dengan jumlah penduduk islam terbanyak didunia. Total jumlah penduduk 265 juta jiwa, melihat penduduk, ternyata mayoritas umat islam itu berada di 7 pulau seperti: Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Sumbawa, Maluku Utara. Bisa disimpulkan bahwa hubungan yang berawal dari komunitas, sehingga bisa menciptakan suatu peluang bisnis baru, yaitu bisnis berbasis komunitas, dengan cara menjaring komunitas umat. Salah satu contoh bisnis berbasis komunitas adalah ritel, jumlah minimarket di kota Bogor selalu mengalami peningkatan dari tahun 2013 – 2018. Hal ini menunjukan bahwa bisnis ritel sektor minimarket ini cukup menjanjikan. Tetapi data menunjukan bahwa toko umat mengalami kerugian yang hampir terjadi tiap bulan karena tidak bisa menutup biaya-biaya overhead yang dikeluarkan toko umat.

Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Toko Umat cabang tanah sareal bogor. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder. Metode penarikan sampel nonprobability sampling dengan jumlah 7 responden.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.