Pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Price to Book Value dan Kurs terhadap Harga Saham pada perusahaansub sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata yang terdaftar di BEI periode 2014-2018

Resya Afriani, Ketut Sunarta, Yudhia Mulya

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah sub sektor hotel, restoran dan pariwisata merupakan salah satu fokus sektor yang di perioritaskan oleh pemerintah karena menjadi salah satu penyumbang devisa yang signifikan, dimana sektor pariwisata dapat mampu membuka lapangan kerja, dan mendorong kegiatan industri penyumbang dan industri lainnya. Fenomena sub sektor hotel, restoran dan pariwisata menunjukkan  kondisi harga saham yang meningkat setiap tahunnya selama tahun  2014-2018.

            Tujuan penelitian untuk menganalisis secara parsial pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Price to Book Value dan Kurs terhadap Harga Saham dan menganalisis secara simultan pengaruh Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Price to Book Value dan Kurs terhadap Harga Saham. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersifat kuantitatif berupa data panel. Penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh 13 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan  yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi eviews 8.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Debt to Equity Ratio dan Current Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham. Net Profit Margin, Price to Book Value dan Kurs berpengaruh positif terhadap harga saham. Nilai Adjust R Square  dalam penelitian ini  yaitu 0.989077 yang berarti variabel Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Net Profit Margin, Price to Book Value dan Kurs memberikan  kontribusi pengaruh sebesar 98.9077% terhadap harga saham dan sisanya 1.0923% dijelaskan variabel yang tidak dimasukan kedalam peneltian ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.