THE RELATIONSHIP BETWEEN BRAND IMAGE WITH PURCHASING DECISION OF SPORT TYPE MOTORCYCLE CONSUMERS AT PT. MEGA MOTOR HONDA BOGOR

Desi Lestari, Oktori Kiswati Z, Aditya Prima Yudha

Abstract


Merek merupakan suatu elemen yang mencerminkan keseluruhan dari suatu produk dan jasa. Merek memiliki hubungan psikologis dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini disebabkan oleh citra yang muncul dalam benak konsumen sehingga pada akhirnya mempengaruhi hubungan konsumen dalam membeli produk tersebut. Konsumen akan lebih cenderung tertarik untuk memilih produk dengan merek yang baik. Ini menunjukkan bahwa citra merek berhubungan dengan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara variabel citra merek dengan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probality sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden yang diambil dari populasi pengguna motor Honda Sport pada tahun 2019 sebanyak 289 orang dengan terlebih dahulu diolah menggunakan rumus Slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek pada Mega Motor Honda kurang baik dan variabel keputusan pembelian pada Mega Motor honda kurang baik. Dari hasil analisis koefisien korelasi diperoleh hasil r = 0,766, artinya hubungan yang kuat antara Citra Merek dengan keputusan pembelian pada Mega Motor Honda dan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa citra merek memiliki kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 58,68%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai dari nilai signfikan sebesar 0,02 atau ≠ 0 yang artinya dimana hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian atau Ha diterima.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.