THE INFLUENCE OF PRICE PERCEPTION OF CUSTOMER SATISFACTION ON GRAB BIKE ONLINE TRANSPORTATION SERVICES (A Case Study on Students of the 2016 Faculty of Economics Management Study Program, Pakuan University)

Fajar Fadhlullah, Hari Muharam, Yetty Husnul Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi harga terhadap jasa transportasi online Grab, untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi
harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi online Grab. Penelitian mengenai Pengaruh persepsi harga
terhadap kepuasan pelanggan jasa trasnportasi online GRAB yang bertempat di Universitas Pakuan Bogor. Jl.
Pakuan, Tegallega, Bogor Tengah, PO Box 452 Kota Bogor 16143 Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian metode explanatory survey, dan menggunakan data primer dan data sekunder, dengan jumlah 81
responden. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier
sederhana, analisis koefisien korelasi, uji hipotesis t, dan uji koefisien determinasi. Hasil pengolahan data
menunjukan persepsi harga terhadap jasa transportasi online GRAB cukup baik dan kepuasan pelanggan
terhadap jasa transportasi online GRAB kurang baik. Terdapat pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan
pelanggan jasa transportasi online Grab, hal ini terbukti bahwa hasil analisis koefisien korelasi diperoleh hasil r =
0,653, artinya hubungan persepsi harga dengan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi online Grab memiliki
tingkat korelasi yang kuat. Hasil hipotesis pada uji t diketahui thitung > ttabel sebesar 3,459 > 1,96. Yang berarti Ha
di terima dan Ho di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi harga berpengaruh nyata dan positif terhadap
kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab, dan hasil analisis determinasi diperoleh 42,7%, artinya
variabel persepsi harga (X) memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar
42,7% dan sisanya 57,3% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh antara persepsi harga dengan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi online GRAB BIKE
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Angkatan 2016 Universitas
Pakuan). Saran yang diajukan oleh penulis adalah bahwa untuk mencapai kepuasan pelanggan maka perusahaan
harus lebih memperhatikan kesesuaian harga yang dibebankan kepada konsumen dan harus mematuhi kesesusian
harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.