IMPLEMENTASI APLIKASI FINTECH ADIRAKU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN NASABAH MENGGUNAKAN DATA MINING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala apa saja yang menyebabkan
rendahnya pengguna aplikasi fintech Adiraku, bagaimana pemetaan nasabah potensial dan non
potensial dalam penggunaan aplikasi Adiraku, dan bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi
Adiraku pada nasabah Adira Finance cabang Bogor 1 Tajur. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif eksploratif dengan penentuan sampel menggunakan metode accidential convenience
sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis data mining yang
terdiri dari k-means dan algoritma C 4.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala rendahnya
penggunaan aplikasi karena 60% nasabah tidak mengetahui aplikasi Adiraku, 40% nasabah tidak
memiliki rekening bank dan 67% nasabah memilih media pembayaran melalui supermarket. Hasil
pengolahan cluster membedakan nasabah potensial dan non potensial yaitu terlihat dari pendidikan,
pekerjaan, usia dan penghasilan yang mendominasi. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan
aplikasi penulis menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) hasil menunjukan yang dapat
menentukan efektivitas penggunaan aplikasi Adiraku yaitu niat untuk menggunakan, kepercayaan
dan kemudahan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.