ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN SECARA ONLINE PADA SITUS BLIBLI.COM (STUDI KASUS: KOTA BOGOR BARAT)

Mitha Miftahul Jannah, Oktori Kiswati Zaini, Arie Wibowo Irawan, Antar M.T Sianturi

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin berkembang sehingga memberikan perubahan pada kehidupan manusia, perkembangan teknologi yang semakin meningkat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses internet, berkomunikasi dengan siapa pun, kapan pun, dan  di mana pun, mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah, dan mempermudah masyarakat dalam melakukan perdagangan. Banyaknya perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dan menjual produknya. Seperti bisnis online atau E-commerce yang saat ini sedang digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan fitur marketplace, faktor yang menjadi pertimbangan perilaku konsumen dalam pembelian produk kecantikan secara online, dan faktor yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam pembelian produk kecantikan dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu non probabilitas dengan menggunakan teknik kuota sampling, jenis data yang diteliti adalah jenis data kualitatif, yang merupakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa fitur E-Commerce di Indonesia yang mempunyai fitur paling banyak yaitu shopee dengan 13 fitur dan 26 kategori. Selanjutnya faktor yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam pembelian produk kecantikan adalah faktor Psikologi.


Full Text:

PDF

References


Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Bogor.

Alma, Buchari. 2016. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ambarwati, D. A. S. (2015). Analisis Perbandingan Loyalitas Konsumen Pada Online Shop Dan Toko Konvensional (Brick And Mortar Store). (Usul Penelitian). (diakses pada maret 2020)

Annisa Retno Utami, 2018 Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Di Lazada Pada Mahasiswa Di Jakarta Universitas Sahid Jakarta. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan. ISSN : 2620-942X Vol 1, No. 2, 2018 (diakses pada februari 2020)

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, konsep dan strategi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Edwin Agung Wibowo 2016, Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis Jurnal Unrika Universitas Riau Kepulauan

Fahmi. Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta

Kotler, Philip and Amstrong. 2015. Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip., et al. 2019. Marketing 4.0 : Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Terjemahan oleh Fairano Ilyas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lita Dona Elianti, 2017 makna penggunaan make up sebagai identitas diri (studi mahasiswi universitas negeri yogyakarta) oleh: jurnal sosiologi universitas negeri yogyakarta. (diakses pada januari 2020).

Loudon, Kenneth C dan Carol Guercio Traver.2015. E-commerce: business, technology, society, 11th edition.United States:Pearson Education.

Nitisusantro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Rose Rahmidani , 2015. Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang SNEMA-2015 Padang-Indonesia. ISBN: 978-602-17129-5-5 (diakses pada januari 2020)

Schiffman, L.G and L.L. Kanuk. 1994. Consumer Behavior. New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi, (Yogyakarta: ANDI, 2016), Hlm. 39-41

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.

Turban, Efraim. Et. Al. 2015. Electronic Commerce A Managerial And Social Networks Perspective 8th Edition. Springer.

Veronika, S. (2013). Motivation of Online Buyer Behavior. Journal of Competitiveness, 5(3), 14–30.

www.apjii.co.id (diakses februari 2020)

www.cnnIndonesia.com (diakses januari 2020)

www.databoks.kata.co.id (diakses oktober 2019)

www.kompasiana.com (diakses pada maret 2020)

www.wearesocial.com (diakses desember 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.