ANALISIS PERBANDINGAN CITRA MEREK PRODUK KOSMETIK DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI (Studi Kasus Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Di Kota Bogor)

Siti Nurrohmah, Oktori Kiswati Zaini, Aditya Prima Yudha, Dewi Maharani Purbasari

Abstract


Perkembangan Industri Kecantikan di Indonesia cukup pesat dalam beberapa tahun ke belakang, hal tersebut karena didasarkan oleh berbagai macam tren kecantikan yang turut mempengaruhi pola konsumen di Indonesia. Menurut Kementrian Perindustrian mencatat Pertumbuhan Industri Kecantikan di Indonesia bisa mencapai dua digit dibandingkan dengan beberapa negara, selain itu kondisi pasar industri kosmetik di Indonesia yang ekstensinya meningkat serta respon konsumen pada pengguna kosmetik di Indonesia juga cukup menarik pasalnya pengguna kosmetik di Indonesia kini rata-rata merupakan generasi milenial. Hal ini menyebabkan pasar kosmetik Indonesia bisa di katakan potensial karena Indonesia memiliki jumlah penduduk wanita sebanyak 134,27 jiwa penduduk perempuan yang di dominasi oleh usia 15-29 tahun dimana pada usia tersebut penggunaan kosmetik terbesar. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan persepsi konsumen mengenai perbandingan citra merek produk kosmetik dalam negeri dan luar negeri di kalangan mahasiswi di kota Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 100 responden  menjawab 58% memilih citra merek produk kosmetik luar negeri, dan sebanyak 42% memilih citra merek produk kosmtik dalam negeri. Secara keseluruhan rata-rata citra merek produk kosmetik luar negeri sebesar 83,5% sedangkan citra merek produk kosmetik dalam negeri sebesar 83,25%, artinya citra merek produk kosmetik luar negeri dan dalam negeri dapat dikatakan baik walaupun citra merek produk kosmetik luar negeri lebih unggul dari citra merek produk kosmetik dalam negeri dengan selisih 0,25%.


Full Text:

PDF

References


Assuari, S. 2018. Manajemen Bisnis Pemasaran. Jakarta: PT. Rajawali pers.

Assuari, S. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, konsep dan strategi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ayuniah,.2017. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang mengambil Kuliah di Kampus Depok. Journal Ekonomi Bisnis Vol.22 No. 3, Desember 2017. tersedia di https://ejuournal.gunadarma.ac.id (diakses pada tanggal 7 Maret 2020).

Dakhi, Afrika, dan Sumbayak. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian body wash merek Dettol pada masyarakat kecamatan Pandau Hilir Lingkungan VIII. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol.3 No.1,2018 e-ISSN:2579-759X. tersedia di https://e-juornal.sari-mutiara.ac.id (diakses pada tanggal 17 April 2020).

Hasan,.2018. Pengaruh Persepsi Lebel Halal, Citra Merek, dan Celebrity Endorser terhadap Tahap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Kosmetik Sariayu). Skripsi tersedia di https://repository.uinjkt.ac.id (diakses pada tanggal 7 Maret 2020).

https://beasiswa-id.net/universitas-terbaik-di-bogor/(diakses pada tanggal 28 Januari 2020)

https://editorial.femaledaily.com (diakses pada tanggal 10 April 2020)

https://jabar.bps.go.id/ (diakses pada tanggal 28 Januari 2020)

https.//tirto.id/(diakses pada tanggal 28 Januari 2020)

https://www.cultura.id/sejarah-kosmetik-dan-konsep-kecantikan-dari-berbagai-bangsa (diakses pada tanggal 10 Juli 2020)

https.//www.kata data.co.id/(diakses pada tanggal 28 Januari 2020)

https://www.merdeka.com/gaya/ini-usia-yang-tepat-untuk-gadis-mulai-memakai-make-up.html (diakses pada tanggal 28 Januari 2020)

https://www.sejarahbogor.com/2019/10/sejarah-bogor-dan-lambang-kota-bogor.html (diakses pada tanggal 10 Juli 2020)

Kasmir. 2016. Pemasaran Bank. Kencana, Jakarta.

Keller, Kevin L. 2015. Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English: Pearson Education inc.

Kotler, Philip. dan Garry Armstrong. 2015. Marketing and introducing prentice hall twelfth edition, England: person education, Inc.

________ 2014. Principle of marketing, 15th edition. Jilid 1 terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

_______. dan Kevin L. K. 2016. Marketing Manajemen, 15th edition, person education inc.

Manap H. Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) HK.00.05.42.1018 nomor 23 tahun 2019. tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Peraturan kepala Badan POM RI Nomor 19 tahun .2015 .tentang Kosmetik.

Parengkuan,. 2015. Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal Emba Vol.2 No.3. Hal.1792-1802.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta

Suparyanto. dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. In Media: Bogor.

Swastha, B dan Handoko, T.H. 2016. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE

Swastha, B dan Irawan. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: CV. Andi.

Venessa, Ike dan Arifin, Z. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-bayar Simpati). jurnal Administrasi Bisnis(JAB) Vol. 51 no. 1 Oktober 2017. tersedia di https://scholar.google.ac.id (diakses pada tanggal 23 April 2020).

Wulandari, dan Iskandar.2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik.Journal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT VOL.03,No.1 Februari 2018:11-18 P-ISSN2527-7502 E-ISSN2581-2165 tersedia di http://scholar.google.ac.id (diakses pada tanggal 7 Maret 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.