PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA PADJADJARAN SUITE RESORT & CONVENTION HOTEL

Alvira Dhela, Oktori Kiswati Zaini, Doni Wihartika, Eka Patra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh biaya promosi penjualan, biaya periklanan, dan biaya publisitas baik secara simultan maupun parsial terhadap tingkat hunian kamar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda, dengan jenis penelitian Explanatory Survey dan jenis data yang diteliti adalah jenis data kuantitatif, yang merupakan data primer dan sekunder bersifat time series. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial biaya publisitas tidak efisien dibandingkan dengan biaya promosi penjualan dan biaya periklanan, dikarenakan biaya publisitas yang tinggi namun tidak berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar. Sedangkan secara simultan biaya promosi penjualan, biaya periklanan dan biaya publisitas berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar pada Padjadjaran Suite Resort & Convention Hotel dengan nilai Fhitung 9.201 > Ftabel 3,86. Kemudian terdapat nilai Kontribusi biaya promosi penjualan, biaya periklanan dan biaya publisitas terhadap tingkat hunian kamar memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 77,5% sedangkan sisanya 22,5% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta

____, _____. (2016). Manajemen Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Athiqa, K dan Widjarnako, B. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Pada Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Tools. [Online] Volume 11, hal 2. Tersedia di : http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/706/669 [Diakses pada 21 April 2020].

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pearson Education.

__________, and ________. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

__________, and Armstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Koyong, Tumbel, dan Sepang (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Novotel Manado Golf resort & Convention Center. Jurnal Emba. [Online] Volume 4(2), Tersedia di : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/13174/12760 [Diakses pada 21 April 2020].

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Molika. E, Abdillah.Y dan Pangestuti. E. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Bussines Travel di Hotel Bisnis. Jurnal Adminitrasi Bisnis. [Online] Volume 44 No 1, tersedia di : https://adminitrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Priansa, Donni, J.(2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta

Prawira, S dan Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap (Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu). Jurnal Adminitrasi Bisnis. [Online] Volume. 72 (1). Tersedia di : http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2853 [Diakses pada 26 April 2019].

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung : CV. Alfabeta

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS

__________. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama

Sulistyawati, A.S. (2013) Pengaruh Bauran Promosi TerhadapTingkat Hunian Kamar Di Hotel Inna Sindhu Beach. Thesis. Universitas Udayana.

Sukamdani, H. (2018) Industri Pariwisata Indonesia Kian Meningkat Pesat. Liputan6.com. Tersedia di: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3650849/industri-pariwisata-indonesia-kian-meningkat-pesat

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta : Andi

__________. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

__________, and Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi

Zaputra,A.Y dan Yuliana. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di Hotel Daima Padang. Jurnal Pendidikan dan Keluarga. [Online] Volume 11, No 2. Tersedia di : http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/617 [Diakses pada 29 Maret 2020].

https://www.bps.go.id

https://disparbud.kotabogor.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.