HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Lipstik Pixy Di Kota Bogor)

Khasanah Octaviani, Oktori Kiswati Zaini, Doni Wihartika, Hamzah Hamzah

Abstract


Kosmetik merupakan benda yang terpenting terutama bagi kaum wanita, yang dimana kosmetik ini dapat memberikan sebuah dampak positif pada diri seseorang yaitu memberikan dampak dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tetapi meskipun demikian wanita selalu tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik maupun perawatan kecantikan yang merupakan sebagian dari kehidupan wanita, karena kosmetik wanita merasa lebih sempurna dengan penampilannya. Kebutuhan akan kosmetik yang semakin meningkat terlebih lagi bagi segmen remaja, ini merupakan segmen yang menarik dan menguntungkan. Hal ini mengakibatkan banyak perusahaan-perusahaan mulai memasuki industri kosmetik. Banyak sekali produk kosmetik yang digunakan oleh konsumen salah satunya adalah lipstik. Lipstik merupakah salah satu produk kosmetik kecantikan yang paling sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari agar terlihat cantik. Hal ini membuat banyak perusahaan yang berinovasi dan mengeluarkan berbagai jenis lipstik dan warna lipstik untuk memikah hati konsumen agar dapat membeli produknya.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode explanatory survey. Berdasarkan jenis penelitian yang dimaksud, dilakukan analisis uji hipotesis penelitian melalui teknik analisis statistika yang relevan (kuantitatif). analisis berupa individual (perorangan), yaitu sumber yang diperoleh dari respon setiap individu. Individu yang dimaksud disini adalah konsumen produk lipstik Pixy. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan koefisien korelasi rank spearman.

Pada penelitian ini diperoleh bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas produk dengan keputusan pembelian lipstick Pixy dengan keeratan hubungan berada pada kategori sangat kuat., saran yang diberikan kepada produsen merek Pixy yaitu untuk senantiasa menjaga kualitas produk Pixy dengan mengetahui keinganan dan kebutuhan konsumen lebih baik lagi, serta untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan lokasi penelitian yang berebda dengan penelitian ini seperti menggunakan lokasi penelitian pada merek Lipstik lain


Full Text:

PDF

References


Asnawi, Dr. Said Kelana dan Wijaya, Prof. Dr. Chandara.(2015).Manajemen Keuangan untuk Non Keuangan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fahmi,Irham.(2014).Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal.Jakarta: Mitrawacana.

Halim, Abdul.(2015).Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I Made.(2015).Manajemen Keuangan Perusahaan.Jakarta: Erlangga.

Amirullah dan Rahmawati, Rizki.(2019).Pengaruh Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio Dan Price To Book Value Terhadap Harga Saham.Jurnal Ekbis/Vol.XX/No.2 Edisi September 2019.ISSN: 1979-746X.

Anwaar,Maryyam.(2016).Impact of Firms’ Performance on Stock Return (Evidence form Listed Companies of FTSE-100 Index London, UK).Global Journals Inc.(USA), Volume 16 Issue 1 Version 1.E-ISSN: 2249-4588 dan ISSN: 0975-5853.

Ariyani, Liya, Andini, Rifa dan Santoso, Edi Budi.(2018).Pengaruh EPS, CR, DER dan PBV terhadap Harga Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Vol 4, No 4(2018).[https://jurnal.unpand.ac.id].ISSN : 2502-7697.

Khoir, Vasta Biqul, Handayani, Siti Ragil dan Z.A. Zahroh. (2013).Pengaruh Earning Per Share, Return On Assets, Net Profit Margin, Debt To Assets Ratio dan long term Debt to equity ratio terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perdagangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Jurnal Adimintrasi Bisnis: VOL 5, NO 1 (2013).[http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id].ISSN : 1978-743X.

Mahapsari, Nunky Rizka dan Taman Abdullah.(2013).Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal nominal/Volume II nomor 1/tahun 2013.[https://journal.uny.ac.id].E-ISSN: 2502-5430.

Pratama, Aditya dan Erawati, Teguh.(2014).Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BursaEfek Indonesia Periode 2008-2011).Jurnal Akuntansi: Vol. 2 No. 1 Juni 2014.[https://jurnalfe.ustjogja.ac.id].ISSN: 2088-768X dan E-ISSN: 2540-9646.

Simanjuntak, Wesly A.(2018).Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2016.Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist: Volume 1, Nomor 2, 2018, 193-205.ISSN : 2599-0136 dan E-ISSN : 2599-1175.

Setiyawan, Indra dan Pardiman.(2014).Pengaruh Current Ratio, Inventory Turnover, Time Interest Earned Dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2009-2012. Jurnal nominal/Volume III/ nomor 1/tahun 2014.[https://journal.uny.ac.id].E-ISSN: 2502-5430.

www.kemenprin.go.id

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.