HUBUNGAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DEALER SETIAJAYA MOBILINDO PARUNG)

Tri Muttaqin, Oktori Kiswati Zaini, Salmah Salmah, Hari Suryantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi harga dengan keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada dealer Setiajaya Mobilindo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden dalam penelitian ini adalah konsumen dealer Setiajaya Mobilindo Parung, pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total responden 90 responden dimana berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara serta pengolahan data dilakukan dengan tabulasi dan skoring untuk metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, Rank Spearman, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata tanggapan responden mengenai persepsi harga produk mobil toyota avanza sebesar 76.49% dimana presentase tersebut ada pada interval 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi harga produk mobil Toyota Avanza baik. Kemudian hasil rata-rata tanggapan responden mengenai persepsi harga produk mobil toyota avanza sebesar 77.69% dimana dimana presentase tersebut ada pada interval 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian produk mobil Toyota Avanza baik. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.634 yang artinya tingkat kekuatan hubungan antara variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat, dan dari hasil pengujian diperoleh nilai sig sebesar 0.000 lebih kecil  dari taraf nyata yang digunakan (1-tailed) 0.000 < dari 0.01 hal ini membuktikan adanya  hubungan yang signifikan antara variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. (2015), Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2015), Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England: Pearson Education, Inc.

_______, _____, dan ______, _____.(2015). Principles Of Marketing, 15thEdition. England: Pearson Prentice Hall.

_________, _______, dan _____, ______.. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

_______, _____, dan ______, _____. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

_________, _______, dan _____, ______. (2016). Marketing Management, 16 edition. New Jersey: Pearson

Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta

Manap, Abdul. (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Bogor.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9 ed). Asia: McGraw-Hill Education.

Schiffman dan Kanuk. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi ke 7. Jakarta : Indek

Sugiyono, (2015). Stasistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

______, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

______, (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Sunyoto, Danang. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA

Swastha, Basu. dan Handoko, T. (2016). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE

Fadli, Feri (2019). Pengaruh Persepsi Harga Produk Sepeda Motor Yamaha Fino Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT. Permata Kadipaten Majalengka). Jurnal Mahasiswa Manajemen Universitas Pakuan. [online] Vol.1 No.1. Tersedia di : https://jom.unpak.ac.id/ [diakses Februari 2020]

Lichtenstein, Donald R, Nancy M. Ridgway,Richard G. Netemeyer.Price Perceptions and Consumer Shopping Behavior: A Field Study. Journal of Marketing Research. [online] Vol. 30, No.2 (May), 234-245. Tersedia di : https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/002224379303000208 [diakses September 2019]

Yuniyanti, Vivi Ayu. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Word Of Mouth, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. [online] Tersedia di : http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2505/ [diakses September 2019]

Islami, Zofpan Aditia (2015). Hubungan Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Telur Asin Di Home Industry Mr.Zo Corporation Bandung. Skripsi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama [online] Tersedia di : https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6436 [diakses Oktober 2019]

Lisdayanti, Annisa (2017). Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Harga, Dan CRM Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada The Milk Bar Bandung. Jornal & Proceeding FEB UNSOED [online] Vol 7, No 1 (2017). Tersedia di : http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/1050/0 [diakses November 2019]

Wihartika, Doni (2016). Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Harga, Dan CRM Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada The Milk Bar Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. [online] Vol 2, No 2 (2016). Tersedia di : https://journal.unpak.ac.id/index.php/jimfe/search/authors/view [diakses Juni 2020]

Yulianingsih, (2018). Hubungan Antara Kulitas Produk Dan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian Pada PT. Hundai Mobil Indonesia Cabang Serpong-Tangerang. Jurnal Visionida . [online] Vol 4, No 2 (2018). Tersedia di : https/://ojs.unida.ac.id/Jvs/article/viewFile/1570/pdf 1 [diakses Desember 2020]

Rimayang & Rudi, (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjuala Mobil Toyota Yaris Di Wilayah Batam. Jurnal Bening . [online] Vol 7, No 1 (2020). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/2380/pdf [diakses Desember 2021]

Ekarina, S. (2019). Prospek Bisnis Otomotif 2019: Potensi Besar, Volume Penjualan Stagnan. Katadata.id Tersedia di: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5e9a557844162/prospek-bisnis-bghbtomotif-2019-potensi-besar-volume-penjulan-stagnan . [diakses September 2019]

Handoyo, P. (2019). Ingin tahu perkembangan industri otomotif Indonesia? Yuk, merapat ke gelaran GIIAS. Kontan.co.id. Tersedia di: https://industri.kontan.co.id/news/ingin-tahu-perkembangan-industri-otomotif-indonesia-yuk-merapat-ke-gelaran-giias. [diakses September 2019]

Priyanto, M. (2019). Penjualan Toyota Avanza September 2019 Tembus 9.400 Unit. Tempo.com. Tersedia di : https://otomotif.tempo.co/read/1259034/penjualan-toyota-avanza-september-2019-tembus-9-400-unit. [diakses September 2019]

Wijaya, K. (2020). Avanza Tulang Punggung Toyota di 2019, Dibuntuti Rush dan Kijang Innova. otomotifnet.gridoto.com. Tersedia di: https://otomotifnet.gridoto.com/read/231982773/avanza-tulang-punggung-toyota-di-2019-dibuntuti-rush-dan-kijang-innova. [ diakses Juli 2020]

GAIKINDO. (2019). Penjualan Mobil Januari sampai November 2019 Dekati 1 Juta Unit. Berita ekonomi&industri. Tersedia di : https://www.gaikindo.or.id/gaikindo-penjualan-mobil-januari-sampai-november-2019-dekati-1-juta-unit/ . [diakses September 2019]

Hadya, J. (2019). Ini Merek Mobil Terlaris di Indonesia 2019. Databox.Katadata.id. Tersedia di : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/18/ini-merek-mobil-terlaris-di-indonesia-2019 . [diakses September 2019]

Sejarah Perusahaan PT Setiajaya Mobilindo. Tersedia di : http://www.setiajaya.co.id/. [diakses September 2019]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.