ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KLASIK COFFEE & BREAKFAST (Studi kasus pada konsumen Klasik Coffee & Breakfast)

Devina Destriasari, Sri Hartini, Doni Wihartika, Hasrul Hasrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen di Klasik Coffee & Breakfast, (2) untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Klasik Coffee & Breakfast, (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Klasik Coffee & Breakfast. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif (Eksploratif). Responden pada penelitian ini adalah konsumen Klasik Coffee & Breakfast. Metode penarikan sampel dengan cara non probability sampling dengan teknik Accidental/convenience sampling dengan total responden sebanyak 100 orang dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 23 untuk menguji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian terdapat enam faktor baru yang yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Klasik Coffee & Breakfast. Faktor-faktor yang terbentuk antara lain pengaruh informasi dan atribut produk, harga dan fasilitas pedukung, budaya dan daya tarik pribadi, lokasi dan kualitas pelayanan, promosi dan kapasitas produksi, lingkungan fisik. Faktor yang paling dominan dalam penelitian ini adalah pengaruh informasi dan atribut produk karena memiliki nilai eigenvalues 5.278 dan menjelaskan 27.777% variasi.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin., & Tantri, Francis. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT

Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman, Nana Herdianadan Achmad Sanusi. (2015), Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung, CV Pustaka Setia.

Akbar, Masfufah Hanik dan Ferdinand, Augusty Tae. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Kafe Five Points Semarang. Journal of Management, [online] Volume 4, Halaman 1-13, http://ejournal- sl.undip.ac.id/index.php/dbr

Antony, Julius dan Jolanda. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam memilih Starbuck Coffee Di Galaxy Mall. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Volume 1, Nomor 2. http://publication.petra.ac.id

Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Edisi ke 1. Depok : Rajawali Pers.

Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip., & Armstrong, Gary. (2014). Principles Of Marketing, 15th Edition,

Pearson Education Limited.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. (2018). Dasar-dasar Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Jilid 4. Edisi Kesembilan. PT. Indeks Gramedia. Jakarta.

Mardiyah Ainil. (2016).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Nasi Kapau Di Kota Bukit Tinggi. Skripsi. Universitas Andalas Padang.

Mardhiyyah Nishyah, Sulistyawati Agung Sri, Rahyuda Irma. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam membeli produk di Hungry Bird Coffee Canggu. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, Volume 3, Nomor 2.

Marsum, W.A. (2005). Restoran & Segala Permasalahannya. Yogyakarta : Andi Offset.

Maulidi Hafrina. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Chocolate Changer Di Kota Padang. Skripsi. Universitas Andalas Padang.

Mutia, Indri Nurul dan Safitri, Husnaina Mailisa. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengruhi Keputusan Pembelian pada usaha Bite & Co.Cafe Lampirit Banda Aceh. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, Volume 2, Nomor 2. http://jurnal.utu.ac.id/jbkan

Mutiksa, Haifa Fatinah. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Maraca Books and Coffee. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Pawerangi, H. Syahrir. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam memilih Coffee Shop di Kota Watampone. Accounting, Accountabiliy, and Organization System (AAOS) - Akuntansi dan Manajemen Journal, Volume 1, Nomor 1. http://Journal.unifa.ac.id

Sangadji & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit C.V Andi Offset.

Schiffman & Kanuk. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi ke 7. Jakarta : Indeks.

Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta : Penerbit Prenada Media.

Siagian Gary Yefta Herbeth. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Di Restoran Bakso Boedjangan Matraman Jakarta Timur. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2020. (http://jseh.unram.ac.id)

Simamora,. B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. (2015), Perilaku Konsumen dan & Pemasaran. Yogyakarta :

Penerbit PT Buku Seru.

Swasta, Basu., & Hani, Handoko. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi ke 1. BPFE : Yogyakarta.

Widarjono A. (2015). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta : UPP.

Website:

https://bapenda.kotabogor.go.id

https://ditjenppi.kemendag.go.id

www.ico.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.