ANALISIS PEMELIHARAAN MESIN DALAM MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA PT. TOKAI DHARMA INDONESIA PLANT 1

Mitha Durothur Rochmah, Sri Hidajati Ramdani, Doni Wihartika, Mulyatma Soepardi

Abstract


Proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan pastinya membutuhkan mesin-mesin agar produksi dapat berjalan dengan lancar. Untuk menunjang kelancaran proses produksinya PT Tokai Dharma Indonesia Plant 1 melakukan kegiatan pemeliharaan mesin dengan Standar Operasi Produksi yang telah ditetapkan agar mesin-mesin selalu dalam kondisi yang prima ketika dioperasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelancaran proses produksi ketika telah dilakukannya pemelihraaan mesin secara berkala.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang merupakan data primer dan sekunder dengan metode wawancara, observasi langsung di lapangan dan mengumpulkan data dari teori teori dan sumber data yang relevan dan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, probabilitas, dan kelancaran produksi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sebaiknya perusahaan menggunakan metode probabilitas karena sebelum menggunakan metode probabilitas presentasi kelancaran proses produksi 69,88% setelah menggunakan metode probabilitas presentasikelancaran proses produksi mengalami peningkatan menjadi 109%.


Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi dan Produksi. Jakarta: LPFE Universitas Indonesia.

Deitiana, T. (2011). Manajemen Operasional Strategi dan Analisa (Service dan Manufaktur). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Husniah, H., Udjiana S., et al. (2016). Potensi Kebijakan Kontrak Pemeliharaan Mesin Dalam Menunjang Keberhasilan Mekanisme Industri Pertanian. Jurnal Tekhnik Industri, Vol 18, No 1,21-30 ISSN: 2087-7439. Tersedia di http://scholar..google.co.id/scholar [ Diakses pada 18 July 2020].

Pawiro, S. 2015. “Optimalisasi Produktivitas Tenaga Kerja dalam Proyek Kontruksi”. Skripsi. Manado : Tekhnik Sipil , Fakultas Tekhnik Universitas Ratulangi.

Rahmania T, Matondang R., et al. (2016). Perbaikan Sistem Perawatan Mesin pada PT XYZ. Jurnal ISSN: 2527-9408. Tersedia di http://scholar..google.co.id/scholar [ Diakses pada 18 July 2020].

Tampubolon, P.M. (2014). Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Titin, and Chamidatul I. (2015). Analisa Peningkatan Mutu Pemeliharaan Mesin Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Perusahaan Dolomite. Jurnal EKBIS/Vol. XIII/ NO. 1. Tersedia di http://scholar..google.co.id/scholar [ Diakses pada 18 July 2020].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.