Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donut ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor )

Bagas Setiya Utomo, Sri Hartini, Doni Wihartika, Ramlan Ramlan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pada Dunkin Donuts, selain itu penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui keputusan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas pakuan bogor mengenai keputusan pembelian pada Dunkin Donuts.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriftif (descriptive research) dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dan survey. Penulit menggunakan Teknik penelitian kuantitatif karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistik untuk mengolah hasil kuesioner, Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 98 responden berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data  dilakukan melalui survey dan kuesioner dan metode analisis data menggunkan analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa antara kualitas pelayanan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor) yaitu sebesar 39,1% dan tergolong dalam kategori cukup sedangkan sisanya 60,1%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan atribut produk dengan keputusan pembelian Dunkin Donuts. Saran yang diberikan oleh penulis pada penelitian ini adalah perusahaan diharapkan harus meningkatkan kualitas pelayanan dan atribut produk yang baik sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian para konsumen, yang artinya dapat juga meningkatkan pelanggan yang membeli produk Dunkin Donuts.


Full Text:

PDF

References


Afkari, Daffiq. 2015. Pengaruh Atribut Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram. JMBI, Tahun 2016 Yogyakarta: Prodi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

A.Nuraziza Hamdari 2019. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pemebelian produk indomie (studi pada mahasiswa universitas Islam negeri alauddin makassar). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Tahun 2016, Universitas Budi Luhur Jakarta, ISSN: 2252-6226.

Ahmad Bagus Sudrajad, Dwi Retno Andriani (2015), Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam pembelian produk abon jamur tiram di perusahaan ailanifood kota malang jawa timur. Habitat, Vol 26 No 2 Agustus 2015, Hal. 71-79 ISSN : 0853-5167.

Al Fuad, M. A., Hartini, S., & Herdiyana, H. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv. Cakrawala. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(4).

Alpiyanti, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv Martabak Air Mancur. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen

Ammerin, T. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Nadindra di Bandar Lampung

Fahmi Maulana Husfah & Musthofa Hadi 2018. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan Terhadap keputusan pembelian dea cake and bakery Kepanjen-malang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis 2018. E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741. Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang

Ghozali. 2007. Aplikasi Analisis Statistik Multivariant dengan Program SPSS. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto, A. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1).

Husfah, F. M., & Hadi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dea Cake And Bakery Kepanjen-Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 461-466.

Ismail Nurdin. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Media Sahabat Cendekia Pondok Maritim Indah Blok PP-7, Kota Surabaya.

Ita Purnamassari, Mohammad Maskan. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Terhadap Keputusan Pembelian Di Citra Kendedes Cake & Bakery. JAB, Tahun 2018, E-ISSN: 2407-5523

Johan Harian. 2018. Analisis Regresi Linear. Penerbit Gunadarma

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Napitupulu, P. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula (Studi Pada Konsumen Susu Formula SGM Di Kota Medan).

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta:

Penerbit Mitra Wacana Media

Malau, H. (2017). Mamanjemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Philip kotler, Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga, PT Gelora Aksara Pratama.

____, Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016): Marketing Management, 15

th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Pipih Sopiyan, Kiki Gunawan (2018), Pengaruh Atribut produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada rumah makan panieungan maja kabupaten majalengka.Vol 5 Nomer 2 ISSN : 2356-3923

Rina Novianty Ariawaty, Siti SoniEvita. 2018. Metode Kuantitatif Praktis. Penerbit PT. Bima Pratama Sejahtera

Ronny Kountur. 2003 Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: PPM

Sandu Siyoto, M Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit, Literasi

Media Publishing.

Siregar Syofan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenamedia Group.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitati,dan R&D. Jakarta.

_______, 2016. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Susi Evanita & Okki Trinanda 2017. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Makanan Ringan Tradisional Pada Remaja Di Perkotaan Sumatera Barat. Economac, Vol 1 Issue 2 Oktober 2017. e-ISSN: 2549-9807 p- ISSN: 1412-3290 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Thamrin Abdullah. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta, PT. Raja Grafindo

Persada.

Usmara, 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Amara Books, Yogyakarta

Yugi Setyarko. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Tahun 2016, Universitas Budi Luhur Jakarta, ISSN: 2252-6226.

Yumi Febiola Merentek , Joyce Lapian,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.