HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN RAITO RESTO

Dena Nuragustin, Oktori Kiswati Zain, Doni Wihartika, Dewi Maharani Purbasari

Abstract


Restoran saat ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang makanan. Melihat adanya kondisi tersebut menyebabkan para pebisnis restoran semakin dituntut untuk mempunyai konsep bisnis restoran yang unik dan tidak dimiliki restoran lain seperti konsep layanan dan desain bangunan, serta  strategi pemasaran, manajemen karyawan, standar layanan prima, pengelolaan anggaran serta bantuan teknologi informasi dalam memonitor operasional dan kinerja bisnis

Banyaknya ragam kuliner dapat menjadikan restoran sebagai salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di negera ini. Dalam menjalankan bisnis restoran dibutuhkan kreativitas, kecerdasan bisnis, keterampilan melayani, serta menghibur para pelanggan yang datang ke restoran.

                Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode explanatory survey. Berdasarkan jenis penelitian yang dimaksud, dilakukan analisis uji hipotesis penelitian melalui teknik analisis statistika yang relevan (kuantitatif). analisis berupa individual (perorangan), yaitu sumber yang diperoleh dari respon setiap individu. Individu yang dimaksud disini adalah pelanggan Raito Resto. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan koefisien korelasi rank spearman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Raito Resto.

                Hasil penelitian yang diperoleh adalah. Kualitas pelayanan Raito Resto mendapatakan nilai baik dari responden pada penelitian ini ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari responden. Tanggapan responden paling besar nilainya adalah indikator daya tanggap yaitu 73,8%, dan kepuasan pelanggan memiliki tanggapan responden paling besar nilainya adalah indikator minat berkunjung kembali dengan persentase sebesar 73,9%.  Kesimpulannya Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan Raito Resto dengan keeratan hubungan berada pada kategori kuat.


Full Text:

PDF

References


Assauri, S,.(2018). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

[BAPENDA] Badan Pendapatan Daerah. (2019). Perkembangan Jumlah Restoran di Kota Bogor 2013-2018. Bogor (ID) : Dispenda Kota Bogor

Baskoro, S. (2018). Hubungan Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Suasana dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Leren Asih 2018.

Buchari, Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: C.V. Alfabeta.

Daryanto dan Setyobudi, I,. (2015). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dharmasetha, B, S dan Handoko, T, H,. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta.

Fauziah, Y. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di Kafe Kopigo Bukitinggi.

Kotler, P & Amstrong, G,. (2015). Principles of Marketing, 12th Edition, Pearson Education Limited.

_______, _____, dan ______, _____. (2015). Marketing an Introducing.12th Edition , Pearson Education Limited.

Kotler, P & Keller, K, L,. (2016). Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Malau, H,. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung:CV Alfabeta.

Philipus, E. (2017). Hubungan Keualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada restoran dan café the view 2017.

Putri, D, C. (2016). Hubungan antara Kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen dari rumah makan Awan Bengi Kartasura.

Rosy, W. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan konsumen di Rumah Makan Lamun Ombak Padang.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran, in media. Yogyakarta.

Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Tjiptono, F,. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F,. (2016). Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F,. Dan Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Vargo, S. L., & Lusch (2004). Evolving to a new dominant logic for marketing. Journal of marketing, VOl. 68, No. 17, January 2004.

Windasuri dan Susanti. (2017). Excellent service: the secrets of building a service organization. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Website :

http://e-resources.perpusnas.go.id/ (diakses tahun 2020)

https://jabar.bps.go.id (diakses tahun 2018)

https://raito-resto.business.site.id

https://bogor.tribunnews.com (diakses tahun 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.