ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMILIHAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN PURWAKARTA (Studi Kasus SMP full day Al-Muhajirin Purwakarta)

Alfi Amalia, Oktori Kiswati Zaini, Sri Hidajati Ramdani, Antar M.T Sianturi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti: 1) Kelebihan strategi pemasaran SMP Full day Al-Muhajirin Purwakarta dalam memasarkan program-program sekolah, 2) Kelemahan strategi pemasaran SMP Full day Al-Muhajirin Purwakarta dalam memasarkan program-program sekolah, 3) Peluang strategi pemasaran SMP Full day Al-Muhajirin Purwakarta dalam memasarkan program-program sekolah, 4) Tantangan strategi pemasaran SMP Full day Al-Muhajirin Purwakarta dalam memasarkan program-program sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumen. Analisis data menggunakan IFAS dan EFAS, analisis SWOT untuk menganalisis faktor internal dan eksternal, Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats untuk memperoleh posisi stategi. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa sekolah yang dianalisis berada di posisi yang cukup aman. Sekolah harus mampu membenahi faktor kelemahan internal  yang ada untuk menghindari dan mengurangi ancaman. Ancaman persaingan dari sekolah lain dapat diminimalisir dengan membuat program yang unik sebagai pembeda diantara sekolah sejenis.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Bandung: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 1993, .Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi,

Assauri, Sofian, 2014, Manajemen Pemasaran Dasar. Konsep dan strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azyumardi Azra. 2012. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Bandung: PT.Rineka Cipta

Dryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa

Echlos, Jhon. 1996, KamusInggris Indonesia, Jakarta:Gramedia, Cet. XXIII.

Effendi, Usman. Asas Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers, 2014.

Freddy Rangkuti. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almansshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gitosudarmo, Indriyono. 2012. Manajemen Strategis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Handoko, hani dkk. 2012. Manajemen dalam Berbagai Perspektif. Jakarta: Erlangga

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Indriyo Gitosudarmo. 2008. Manajemen Strategis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Jauch, Lawrence dan Glueck, Williem F. 2004. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta : Erlangga..

Keller, Kotler. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2013. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I. Edisi 9. (alih bahasa: Alexander Sindoro). Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip and Kevin LaneKeller. 2012. MarketingManagement. Boston: Pearson

Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi kesembilan, Cetakan Kedua. Jakarta: PT.Indeks

Kotler, Philip dan Amstrong. 2012. Principlesof Marketing,15th Edition. Pearson EducationLimited.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin LaneKeller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Lukiastuti Fitri, dan Muliawan, Hamadi. 2008. Manajemen Strategi dalam Organisasi. Yogyakarta: Medpos

Lovelock,dan Lauren K.Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Machali, Imam dan Ara Hidayat. 2016. The Handbook Of Education Management (Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/madrasah di Indonesia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Muhammad Al-habib, Jenis-Jenis Strategi, http://jurnal-sdm.blogspot.com. Diakses pada 14 Juli 2018 Pukul 13.20.

Pearce Robinson. 2000. Manajemen Strategi Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 1. Jakarta: Binrupa Aksara.

Phillip Kotler dan Kevin LaneKeller, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas, (Jakarta : Prehallindo, 2008), h. 158.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Rosihin, Asep. Pemetaan dan Perencanaan Peningkatan Mutu Berbasis SWOT-Balance Scrorecard di Perguruan Darul Hikam Bandung, Volume XXIV No. 2 Oktober 2018, di akses di ejournal.upi.edu.

Salusu, J. 2000. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Gramedia

Sangadji,Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian.Yogyakarta: Penerbit Andi

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarsono Muhammad, Manajemen Strategik (konsep dan kasus), (Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2004)

Swastha DH, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke tiga. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono,Fandy. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Wahyudi, Agustinus S. 2014.Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berpikir Strategik. Surabaya : Binarupa Aksara.

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Vol Edisi Pertama. Yogyakarta: Ekonisia.

Sumber:smp2almuhajirin.sch.id

Sumber: SMP Full Day Al-Muhajirin


Refbacks

  • There are currently no refbacks.