ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT AGAPE INDAH JAYA

Risda Oktaviani, Oktori Kiswati Zaini, Yuary Yuary, Mulyatma Soepardi

Abstract


Penurunan penjualan produk Boneka pada PT.Agape Indah Jaya pada tahun 2015-2017 sementara pada penjualan nasional untuk produk Boneka mengalami peningkatan. Kemudian penjualan boneka produk kompetitor mengalami peningkatan dari tahun 2015-2017 dibandingkan dengan penjualan boneka pada PT.Agape Indah Jaya. Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan pangsa pasarnya.

            Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan pada PT.Agape Indah Jaya, mengidentifikasi faktor-faktor internal maupun eksternal yang digunakan pada PT.Agape Indah Jaya dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman. Penelitian ini akan membahas mengenai faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kegiatan bisnis boneka seperti lingkungan internal yang teridiri dari analisis fungsional seperti manajemen, produksi, keuangan, pemasaran sistem informasi manajemen serta lingkungan eksternal yang mencakup faktor makro dan mikro yang ada pada PT.Agape Indah Jaya.

            Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari jenis penelitian, metode pengumpulan data dan metode analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif berupa studi kasus mengenai strategi pemasaran pada PT.Agape Indah Jaya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer yang meliputi observasi, serta wawancara. Adapun data sekundernya berupa pengumpulan infromasi dari sumber-sumber seperti kepustakaan, iterator buku dan penelitian sebelumnya. Metode analisisnya menggunakan matriks evaluasi faktor eksternal, matriks evaluasi faktor internal dan analisis SWOT.

            Berdasarkan hasil pembahasan menggunakan matriks EFE, matriks IFE dan matriks SWOT guna mendapatkan alternatif strategi pada PT.Agape Indah Jaya , secara hasil yang diperoleh dari matriks IFE yakni berada pada peringkat 4 dengan total score sebesar 3.06 yang  menunjukan bahwa posisi perusahaan berada di bawah rata-rata dalam memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi mengatasi kelemahan. Dari hasil EFE yakni brada pada peringkat 4 dengan total score sebesar 3.31 yang menunjukan bahwa posisi perusahaan kurang kuat dalam memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman.


Full Text:

PDF

References


Alma Buchari.2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta

Danang Sunyoto (2012), Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama,, Yogyakarta, penerbit CAPS.

David, Fred R (2012). Manajemen Strategis Konsep. Diterjemahkan oleh Dono Sunardi. Edisi 12 Buku 1. Jalarta: Salemba Empat.

Deliyanti Oentoro (2010), Manajemen Pemasaran. Samarinda

Gunawan Adisaputro (2010), Manajemen Pemasaran, Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Husain Umar (2008). Riset Strategi Pemasaran. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler and Amstrong, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1, Erlangga.

Kotler Philip dan Keller, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13. Jilid 2, Jakarta, PT.Gelora Angkasa Pratama.

Kotler, Keller.2016. Marketing Manajement. 15 th Edition, Global Edition.

Pearce, John A dan Robinson Richard B.J.(2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti Freddy,( 2008). The Power of Brands, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Sofian Assauri (2010), Manajemen Pemasaran , Jakarta Penerbit Rajagrapindo Persada.

Sofjan Assauri (2007), Manajemen Pemasaran, Jakarta, Penerbit Rajagrafindo Persada.

Sofjan Assauri (2013). Manajemen Pemasaran. Raja Graffindo Persada. Jakarta.

Sunarto,2006, Pengantar Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono Fandy (2008). Strategi Pemasaran III. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.