HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN CAT KILOAN PADA NAZAR PAINT DI CIKERETEG BOGOR

Muhamad Iqbal, Sri Hartini, Aditya Prima Yudha

Abstract


Muhamad Iqbal. NPM 021114261. Hubungan Kualitas Produk Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan
Cat Kiloan Pada Nazar Paint Di Cikereteg Bogor., Ketua Pembimbing Sri Hartini dan Komisi
Pembimbing Aditya Prima Yudha, 2019.
Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkan dan
meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapat
memenuhi kepuasan pelanggan, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapa
kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaing
dengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan pelanggan atau belum.
Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan
puasnya pelanggan terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi
pelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan
kepuasan terhadap pelanggan karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk
dengan kepuasan pelanggan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui bagaimana kualitas produk pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor (2) Untuk
mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor (3) Untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan pada Cat
Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian statistic inferensial. Penelitian ini dilakukan
pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor pada periode 2018-2019 sebagai sampel, kemudian
penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan ini menggunakan data
primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara dan observasi kepada
pelanggan sebagai responden sebanyak 270 orang, sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin
non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanya orang yang secara kebetulan
ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode
analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien
determinasi dan uji hipotesis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa tanggapan
responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 51,4 %, dimana rata-rata tersebut berada
pada interpal (40% - 59%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada Cat Kiloan Nazar
Paint Di Cikereteg Bogor netral, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasan
pelanggan memiliki rata-rata sebesar 50,1%, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (40% -
59%) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelanggan netral terhadap Cat Kiloan Nazar Paint Di
Cikereteg Bogor, selanjutnya analisis product moment yang telah diuji dengan menggunakan SPSS
versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,775 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan
pelanggan pada usaha Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor memilki hubungan yang kuat,
dengan koefisien determinasi sebesar 77,55% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas
produk dengan kepuasan pelanggan. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel
dengan nilai 20,108 ≥ 2,5942 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terhadap
hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan kepuasan pelanggan (Y).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.