HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 LEUWILIANG

Devi Hernita, Tutus Rully, Nancy Yusnita

Abstract


Peran pendidikan sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Guru merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh suatu negara yang berperan dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan melalui pengajaran. Kepuasan kerja merupakan faktor penting dalam
pencapaian kinerja guru. Hasil kinerja guru dapat dilihat dari hasil supervisi kunjungan yang dilakukan
oleh kepala sekolah, namun dari hasil rata-rata supervisi semester II mengalami penurunan, hal ini
berkaitan dengan dengan adanya ketidakpuasan yang diterima oleh guru. Kepuasan kerja yang tidak
terpenuhi berdampak pada turnover guru yang tinggi. Karyawan yang puas akan mengarah pada
perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB). Namun Organizational Citizenship Behavior
(OCB) di SMA Negeri 1 Leuwiliangbelum berjalan dengan baik, hal ini dikaitkan dengan pernyataan
bahwa perilaku guru dalam menolong rekan kerjanya masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Kepuasan Kerja dan Organizational
Citizenship Behavior (OCB) dengan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Leuwiliang. Dalam penelitian ini
menggunakan verifikatif dengan metode explanatory survey serta menggunakan sumber data primer
dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling total atau populasi yang berjumlah
51 guru. Metode analisis yang digunakan yaitu korelasi product moment, korelasi berganda dan
koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif yang kuat antara kepuasan kerja
dengan kinerja guru di SMA Negeri 1 Leuwiliang yang dilihat dari hasil korelasi product moment
yaitu sebesar 0,730 serta adanya hubungan positif yang kuat antara Organizational Citizenship
Behavior (OCB) dengan kinerja guru di SMA Negeri 1 Leuwiliang yaitu sebesar 0,793. Selain itu
terdapat hubungan yang sangat kuat antara kepuasan kerja dan Organizational Citizenship Behavior
(OCB) secara bersama-sama dengan kinerja guru yang dilihat dari hasil korelasi berganda yaitu
sebesar 0,831.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.