HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS KULINER TOGE GORENG IBU HJ. OMAH KOTA BOGOR

Atjep Syarif Hidayatullah, Bukti Ginting, Yetti Husnul

Abstract


Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkandan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapatmemenuhi kepuasan konsumen, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapakuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaingdengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan konsumen atau belum.Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, denganpuasnya konsumen terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadipelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikankepuasan terhadap konsumen karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produkdengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untukmengetahui bagaimana kualitas produk Toge Goreng Ibu Hj Omah (2) Untuk mengetahui bagaimanakepuasan konsumen Toge Goreng Ibu Hj Omah (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubunganantara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Goreng Ibu Hj. OmahKota Bogor yang beralamat Jalan Jend. Sudirman no. 23 A, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, KotaBogor.Penelitian ini dilakukan pada kedai Toge Goreng Ibu Hj. Omah pada periode 2018-2019sebagai sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumenini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara danobservasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih denganmenggunakan rumus Slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanyaorang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 denganberbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis Rank Spearman,analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi.Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwatanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 72,2 %, dimana rata-ratatersebut berada pada interpal (60% -79%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk padaToge Goreng Ibu Hj Omah baik, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasankonsumen memiliki rata-rata sebesar 79,2%, dimana rata-rata tersebut berada pada interval (60% -79%) sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap Toge Goreng Ibu Hj Omah,selanjutnya analisis Rank Spearman yang telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dapatdiperoleh nilai sebesar r = 0,667 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen padabisnis kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor memilki hubungan yang kuat, dengan koefisiendeterminasi sebesar 44,48% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengankepuasan konsumen. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel dengan nilai6,73 ≥ 1,96 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terhadap hubungan positifantara kualitas produk (X) dengan kepuasan konsumen (Y).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.