HUBUNGAN BAURAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK BOLT 4 G LTE (STUDI KASUS DI KOTA BOGOR)
Abstract
Putri Tamirvi. 021114560. Hubungan Bauran Promosi terhadap Citra Merek Bolt 4 G LTE(Studi 
Kasus di Kota Bogor). Di bawah bimbingan Ferdisar Adrian dan Nizam M. Andrianto Tahun 2019.
Di zaman yang modern seperti saat ini membuat segala memungkinkan untuk didapatkan dan 
digunakan dengan mudah dan praktis. Salah satu contohnya adalah berkomunikasi yang dapat 
dilakukan kapan pun dan di mana pun. Dengan penyedia layanan internet service provider mampu 
membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara instan. Perusahaan 
operator telekomunikasi dituntut untuk terus berinovasi agar mampu memuaskan permintaan 
masyarakat. Persaingan beberapa merek produk di industri ini pun sangat ketat karena tingkat 
persaingan yang tinggi. Setiap perusahaan berusaha untuk menjadikan merek dari produknya menjadi 
nomor satu di benak konsumen.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan hubungan antara bauran promosi terhadap citra 
merek Bolt 4G LTE di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang diubah menjadi 
kuantitaf dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Metode penarikan sampel dengan metode 
nonprobability sampling, metode analisis yang digunakan adalah metode Rank Spearman dengan 
menghitung melalui program SPSS 24.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa koefisien korelasi dengan menggunakan Rank 
Spearman memperoleh nilai sebesar 0,652. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang 
positif dan kuat antara bauran promosi dan citra merek Bolt 4G LTE di Kota Bogor. Berdasarkan 
perhitungan dari analisis koefisien determinasi diperoleh hasil 42,5%, yang berarti bahwa 42,5% citra 
merek dipengaruhi bauran promosi sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain.