PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN CV ELIM FOOD INDONESIA DI CISARUA BOGOR

Hizkia Wizano, Indra Jaya, Sri Pudjawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen CV. Elim Food Indonesia yang berlokasi di Jl. E Jumena, Cikopo Selatan, Desa Sukamanah, Megamendung, Bogor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian verifikatif. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Isaac Michael dengan dengan jumlah sampel 60. Metode analisis yang digunakan sebagai alat analisis adalah metode uji Normalitas dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS 21. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang mempengaruhi (x) dan kepuasan konsumen adalah variabel yang dipengaruhi (y). Hasil penelitian menunjukan fakta Pengaruh Kualitas Pelayanan diukur melalui lima indikator kualitas pelayanan yang meliputi : Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsivess), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), dengan memiliki penilaian adalah baik. Secara parsial didapatkan bahwa hanya indikator daya tanggap (Responsivess) dan jaminan (Assurance) yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan indikator bukti fisik, kehandalan, jaminan, dan empati tidak dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Secara simultan disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (Tangibles), Kehandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsivess), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan kepada konsumen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.