PENGARUH KINERJA KEUANGAN, INFLASI, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR ADVERTISING, PRINTING, DAN MEDIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

Nia Winiarsih, Edhi Asmirantho, Zul Azhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Pengaruh Kinerja Keuangan, Inflasi, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Price to Book Value Pada Perusahaan Sub Sektor Advertising, Printing, dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif dengan metode explanatory survey. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersifat kuantitatif. Penentuan sample dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 11 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi E-Views 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel DAR dan Ln Asset berpengaruh signifikan dan negatif terhadap PBV. Sedangkan variabel CR, ROE, TATO, EPS dan Inflasi tidak berpengaruh terhadap PBV. Secara simultan (bersama-sama) Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Return On Equity (ROE), Total Asset Turnover (TATO), Earning Per Share (EPS), Inflasi, dan Ln Asset, berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV). Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini adalah 0,949608 hal ini berarti variabel CR, ROE, TATO, EPS dan Inflasi memberikan kontribusi pengaruh sebesar 94,9608% dan sisanya 50,392% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.