ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CACAT DALAM PROSES PRODUKSI PEMBIBITAN INDUKAN AYAM PADA PT. INTERTAMA TRIKENCANA BERSINAR CABANG SUKABUMI

Nanjar Setiawan, Jaenudin Jaenudin, Sri Hidajati Ramdani

Abstract


NANJAR SETIAWAN, 021114002. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dalam Proses Produksi Pembibitan Indukan Ayam Pada PT. Intertama Trikencana Bersinar Cabang Sukabumi. Dibawah Bimbingan: JAENUDIN dan SRI HIDAJATI RAMDANI. 2018.

PT. Intertama Trikencana Bersinar cabang Cijangkar Sukabumi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri peternakan. Permasalahan yang terjadi diperusahan ini adalah jumlah kecacatan pada produk yang di produksi setiap bulannya mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan ketidak stabilan jumlah produk yang di produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian kualitas pada PT. Intertama Trikencana Bersinar, untuk mengetahui proses produksi pembibitan ayam pada PT. Intertama Trikencana Bersinar, untuk menganalisis tingkat kecacatan ayam pada PT. Intertama Trikencana Bersinar, dan untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kecacatan pada ayam yang di produksi PT. Intertama Trikencana Bersinar. Jenis data yang diteliti adalah jenis data kuantitatif merupakan data primer dan sekunder yang di peroleh dari perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu grafik p (p-char) dari SPC (Statistical Process Control), dan diagram penyebab dan efek. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu Berdasarkan hasil analisis pengendalian kualitas statistik dengan menggunakan alat analisis peta kendali p (p-chart) kecacatan yang ada pada perusahaan hampir semuanya melebihi batas kendali hanya satu bulan saja kecacatan itu berada dalam batas kendali yaitu pada bulan juli, sehingga tidak memenuhi kriteria pengendalian kualitas statistik. Sedangkan berdasarkan hasil analisis diagram penyebab dan efek yaitu dengan melakukan wawancara dapat diketahui jenis-jenis produk cacat yang terjadi pada produk yang dihasilkan PT. Intertama Trikencana Bersinar cabang Sukabumi beserta hal-hal yang menyebabkan terjadinya produk cacat tersebut. Secara keseluruhan, ada empat faktor yang menyebabkan produk cacat yaitu: bahan baku (material), mesin/peralatan (machine), manusia/tenaga kerja (man), dan metode (method). Dari keempat faktor tersebut, faktor manusia/tenaga kerja (man) dan faktor mesin/peralatan (machine) merupakan penyebab utama terjadinya produk cacat pada perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.