PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2017

Elma Noer Hafitriani, Hari Gursida, Yudhia Mulya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dari pengungkapan CSR sesuai pedoman GRI G3.1 dan GRI G4. Serta pengaaruh dari Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan yang diukur menggunakan indikator Kepemilikan Institusional dan Kepemlikan Manajerial. Sedangkan Nilai Perusahaan diukur dengan Rasio Tobin’s Q pada perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode penarikan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel, Uji Asumsi Klasik, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan program Eviews 10. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dimana nilai signifikansi (0.0000< 0,05) dengan nilai t hitung 0.000899. GCG dengan Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dimana nilai signifikansi (0.0000 < 0,05) dengan nilai t hitung -0.107842 begitu pula dengan Kepemilikan Manajerial sebagai indikator GCG yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dimana nilai signifikansi (0,0000 < 0,05) dengan nilai t hitung -1.365603. Secara simultan CSR dan GCG berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai signifikansi (0.000000 < 0,05) dengan nilai F hitung 99.25614. Nilai R Square sebesar 85.1330% dipengaruhi oleh variabel di atas sedangkan sisanya sisanya 14.8667% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, GCG dengan indikator Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Saran untuk perusahaan agar lebih meningkatkan komunikasi antara CSR dan GCG, untuk investor agar lebih seksama dan juga memperhatikan aspek GCG dan Pengungkapan CSR perusahaan sebagai pertimbangan dalam melakukan investasi karena pengaruh variabel ini tidak terasa dalam jangka pendek, dan untuk peneliti selanjutnya agar menambahkan indikator variable, data perusahaan penelitian dan periode penelitian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.