HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK CLUB ( Studi Pada Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Merek Club Di Kecamatan Cigombong)
Abstract
Pertumbuhan air minum dalam kemasan saat ini berkembang pesat, hal ini ditandai dengan semakin ketatnya persaingan yang terlihat di kota maupun perkampungan, Permasalahan yang dihadapi oleh PT Tirta Sukses Perkasa adalah Kualitas Produk yang masih dibawah pesaing , PT Tirta Sukses Perkasa sudah melakukan peningkatan Kualitas Produk dengan memperbaiki segala macam indikator terutama pada indikator Kualitas yang dipersepsikan, tetapi masih dirasa kurang oleh konsumen. Terbukti dengan jumlah produk pada penjualan yang selalu menurun setiap tahunnya. Penurunan jumlah produk pada penjualan harus diperbaiki oleh PT Tirta Sukses Perkasa. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden yaitu pada Kecamatan Cigombong. Metode analisis yang digunakan yaitu deksriptif, korelasi rank spearman dan uji hipotesis untuk korelasi dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Produk pada PT Tirta Sukses Perkasa dinilai baik dengan rata-rata sebesar 77%, sedangkan untuk tanggapan responden keputusan pembelian nilai rataratanya sebesar 74,06% termasuk kedalam kriteria baik. Hasil analisis Korelasi Rank Spearman diperoleh nilai sebesar 0,644, artinya kualitas produk dengan keputusan pembelian mempunyai hubungan yang kuat. Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 41,4%, artinya kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 41,4% dan sisanya 58,6%, dipengaruhi oleh faktor lainnya. Setelah dilakukan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif, antara kualitas produk dengan keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek club pada PT Tirta Sukses Perkasa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.