ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PERUSAHAAN PT IDRIS SUKSES

Tia Nurhotimah, Ferdisar Erdian, Nizam M Adrian

Abstract


Perkembangan dunia usaha saat ini tidak lepas dari adanya persaingan bisnis antar perusahaan dan meningkatnya persaingan bisnis membuat Strategi pemasaran salah satu kunci keberhasilan dalam suatu perusahaan event organizer. Event organizer merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa yang menangani segala keperluan pemakai jasa untuk mengorganisasikan seluruh rangkaian acara. Melalui strategi yang kreatif dan inovatif, untuk mencapai target perusahaan. Dengan mengetahui strategi pemasaran diharapkan usaha usaha pemasaran yang dilakukan dapat mencapai tujuan secara efesien dan efektif. Perusahaan harus mengetahui tahap-tahap dalam menjalankan proses strategi pemasaran mulai dari faktor eksternal maupun internal sehingga dapat mengetahui faktor yang menjadi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan. Penelitian ini di maksud untuk mengetahui pasar event organizer yang sedang berkembang saat ini. Penelitian mengenai strategi pemasaran event organizer pada PT Idris Sukses menggunakan metode deskriptif development dengan analisis penelitian kualitatif yang berupa survey dan wawancara. Data tersebut diperoleh dari bagian yang berkaitan dengan divisi pemasaran. Hasil penelitian mengungkapkan pertumbuhan penjualan pada PT Idris Sukses tumbuh cukup baik dan memiliki potensi untuk berkembang. Hal ini didasarkan analisis internal dan eksternal. Posisi PT Idris Sukses berada pada kuadran 2 yaitu Growth and Build. Analisis BCG PT Idris Sukses berada pada pasar Question Mark. Saran peneliti adalah PT Idris Sukses Sukses dengan mengembangkan strategi agresif dengan melakukan strategi promosi melalui media digital dengan mengembangkan website dan membuat aplikasi yang memudahkan konsumen untuk bertransaksi via online serta memperkuat manajemen perusahaan serta memperbaiki kualiatas SDM agar perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor perusahaan sejenis dan melakukan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan, membuat iklan yang dapat menciptakan kesadaran akan pemilihan pelayanan jasa event organizer dan memperkuat banding perusahaan, memperbanyak saluran distribusi kebutuhan event sehingga dapat memperluas pangsa pasar serta mengembangakan potensi produk baik sehingga perusahaan mampu mencapai target yang maksimal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.