HUBUNGAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA OXYGEN.ID BRANCH OFFICE BOGOR)

Adinda Nindya Rumondang, Herdiyana Herdiyana, Salma Salma

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, melahirkan berbagai perubahan pada kehidupan masyarakat saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan gaya hidup masyarakat modern yang menginginkan kemudahan dalam melakukan apapun. Salah satunya dibidang telekomunikasi. Pada dunia telekomunikasi memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan manusia. Melalui teknologi telekomunikasi, manusia dapat saling tukar menukar informasi dari jarak jauh dengan waktu yang relatif cepat dan efisien. Dengan perkembangan teknologi yang pesat dan sadar akan pentingnya mendapatkan informasi membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan internet.Kebutuhan terhadap teknologi, informasi dan komunikasi di Indonesia sangat berkembang dengan pesat. Dari waktu ke waktu menunjukkan teknologi,informasi dan komunikasi merupakan hal yang wajib yang harus dipenuhi dalam kehidupan manusia saat ini setelah kebutuhan primer. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia Banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, informasi dan komunikasi yang tertarik terhadap bisnis tersebut dan ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari kondisi ini. Oleh karena itu banyak perusahaan yang menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan yang ditawarkan ke masyarakat agar dapat menarik banyak pelanggan. Perusahaan yang mengikuti perkembangan ini yaitu PT. Moratelindo adalah perusahaan yang bergerak di bisnis telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada Oxygen.id (Branch Office Bogor). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, penentuan sampel dengan menggunakan metode convinience sampling dengan jumlah responden 200 responden. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi spearman rank, uji hipotesis koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman Rank dapat diketahui korelasi antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,458. Karena nilai koefisien berada pada rentang 0,40 – 0,599 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen Oxygen.id (Branch Office Bogor) adalah sedang. Berdasarkan uji hipotesis koefisien korelasi dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen Oxygen.id (Branch Office Bogor) . Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.