FINANCIAL RATIO ANALYSIS ON SHARE PRICES OF CIGARETTE SUB-SECTOR COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE FOR THE 2016-2020 PERIOD

Galuh Prameswati Cahyaning Yani Puteri, M Sumardi Sulaiman, Bambang Wahyudiono

Abstract


Sektor Rokok adalah sebuah produk yang terbuat dari tembakau yang banyak di konsumsi masyarakat baik indonesia maupun seluruh dunia. Meskipun produk rokok tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh setiap orang, namun nyatanya ini menjadi salah satu penyumbang APBN negara terbesar di indonesia, dimana perusahaan rokok telah menyumbang sekitar 153 Triliun pada negara. Dan banyak sekali perusahaan rokok terbesar di indonesia memproduksi rokok dan juga memberikan manfaat bagi negara dengan berbagai usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis rasio keuangan (Current Ratio, Return On Asset Debt to Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Earning Per Share) terhadap harga saham perusahaan sub sektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian mengenai analisis rasio keuangan (Current Ratio, Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Earning Per Share) terhadap harga saham merupakan penelitian verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersifat kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan didapatkan 4 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara pasrial variabel Current Ratio tidak berpengaruh dan positif terhadap harga saham. Variabel Return On Asset tidak berpengaruh dan negatif terhadap harga saham. Variabel Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh dan negatif terhadap harga saham. Variabel Total Asset Turn Over tidak berpengaruh dan negatif terhadap harga saham. Variabel Earning Per Share tidak berpengaruh dan negatif terhadap harga saham. Nilai Adjusted R-squared pada penelitian yaitu sebesar 0.954531, hal ini berarti variabel Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turn Over (TATO), Earning Per Share (EPS) memberikan kontrbusi penaruh sebesar 954,431% terhadap harga saham. Sedangkan sisanya sebesar 0,045469% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian. Saran untuk perusahaan yaitu diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan maupun kinerja manajemen dan mempertimbangkan faktor makro ekonomi sehingga persepsi investor terhadap prospek kinerja perusahaan di masa depan dapat dijaga dengan baik. Bagi investor dan calon investor dapat mempertimbangkan faktor rasio keuangan dalam melakukan investasi. Kemudian, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah objek penelitian maupun variabel yang lain yang penuls tidak jelaskan pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rodoni dan Herni Ali Manajemen Keuangan. Jakarta : Mitra Wacana Media..

Alfabeta Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Jakarta.

Anita Erari 2014. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity dan Return On Asset terhadap Harga Saham pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia.

Chrismesi Pagin 2016. Pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna TBK.

Christin Dwi Karya 2015. Analisis perbandingan rasio keuangan terhadap harga saham pada perusahaan LQ 45.

Daniarto Raharjo & Dul Muid 2013. Analisis pengaruh Faktor-faktor Fundamental Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham.

Dela Aprilia 2019. Analisis Fundamental Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Harga Saham Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017.

Dewi Silvia, Nur Salma 2019. Pengaruh rasio profitabilitas dan rasio Solvabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Rokok Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2018.

I Nyoman Satupa 2018. Pengaruh rasio dan kinerja keuangan terhadap harga saham pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020.

Irham Fahmi. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan, Teori dan Soal Jawab, Cetakan keempat, Bandung, Alfabeta.

Khairani Purnamasari, Emrinaldi Nur DP, Raja Adri Satriawan S 2014. Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Equity, Earning Per Share terhadap harga saham pada perusahaan Property and real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011.

Musthafa. 2017. Manajemen keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nurjanti Takarin dan Hamidah Hendrarini 2011. Rasio Rasio Keuangan Dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index.

Nuryanto dan Pambuko, Zulfikar Bagus. 2018. Eviews untuk Analisis Ekonometrika Dasar: Aplikasi dan Interpensi. Magelang: UNIMMA PRESS.

Pande Widya RahmaDewi dan Nyoman Abundanti 2018. Pengaruh EPS, PER, CR, dan ROE terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia.

Pete Comley. 2015. Inflation Matters. London: Licensing Agency Limited.

Reynard Valentino & Lana Sularto 2013. Pengaruh ROA, CR, ROE, DER dan EPS Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI.

Samsul, Mohamad. 2015. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Edisi Kedua, Jakarta : Erlangga.

Suad, Husnan. 2015. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi ke 5, Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Sujarweni, W.V. 2017. Analisis Laporan Keuangan teori, aplikasi dan hasil penelitian.Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Sukirno, Sadono. 2016. Makroekonomi Teori Pengantar, Edisi ketiga, cetakan ke 2. Jakarta : Rajawali Pers.

Sulilawati 2016. Analisis perbandingan rasio keuangan pada perusahaan manufaktur yang berbasis chemical dari periode tahun 1999-2003.

Van Horne, J., & Wachowicz, J. 2016. Prinsip-prinsip manajemen keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Vera Ch. O. MANOPPO, Bernhard Tewal, Arrazi Bin Hasan Jan 2017. Pengaruh Current Ratio, DER, ROA Dan NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di BEI periode 2013-2015)

Wartoyo Hadi, Winda Herlinda 2018. Pengaruh likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas terhadap harga saham (studi kasus pada perusahaan industri rokok yang terdaftar pada di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016)

Werner, Murhadi. 2015. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat Nazir.

Whittington, O.Ray and Kurt Pany. 2015. Principles of Auditing, and Other Assurance Services, 18th Edition. Mc-Graw-Hill: New York, NY.

William R.Lasher. 2016. Practical Financial Management, Eight Edition. USA.

Yolanda 2016. Pengaruh earning per share, Dividen Payout Ratio, Return On Invesmenr dan Return On Equity terhadap Harga Saham PT Gudang Garam Tbk tahun 2002-2010.

Zulfikar. 2016. Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika, Yogyakarta : Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.