ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL PADJAJARAN SUITE RESORT & CONVENTION

Martia Patradita, Ferdisar Adrian, Nizam M Andrianto

Abstract


Hotel Padjadjaran Suites Resort  & Convention Hotel adalah sebuah Hotel yang beralamat di Jalan Bogor Inner Ring Road Lot XIX C-2 No.17, Bogor Nirwana Residence, Bogor 16132 West Java – Indonesia, yang di desain modern dengan tidak melupakan unsur – unsur nilai Budaya Sunda sesuai dengan letaknya yakni di daerah kota Bogor atau daerah Pasundan. Hotel Padjadjaran Suites Resort  & Convention , adalah salah satu Hotel yang berada di dalam Padjadjaran Group dengan Owning Company ( perusahaan pemilik ),yang bernama PT. Graha Bogor Sentosa,  Nama Pengusaha perusahaan Padjadjaran Suites Resort  & Convention ini adalah dua kakak beradik yakni Bapak Hamid Mundzir dan Bapak Sopian Rofiq Ma’mun. Perusahaan ini berdiri dan di resmikan (Grand Opening) pada tanggal 22 Februari 2014 dan menyandang status hotel berbintang empat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis strategi pemasaran dan memberikan saran seharusnya strategi pemasaran yang  sebaiknya digunakan oleh  Hotel padjajaran Suites Resort & Convention berdasarkan dari penelitian yang dilakukan saat ini.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 sampai September 2019 di Hotel padjajaran Suites Resort & Convention kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Sumber data penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kepala divisi  Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui teknik pengumpulan data dan informasi yang meliputi sumber-sumber kepustakaan, penelitian sebelumnya,literatur buku, dan media masa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Internal dan Eksternal, Analisis EFE & IFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks SPACE.

Yaitu berdasarkan hasil matriks EFE, diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan paling berpengaruh bagi Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention yaitu terbesar adalah pertumbuhan pengguna internet meningkat setiap tahun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan pengguna internet dengan Skor 0,455. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama yang harus diwaspadai adalah    bertambahnya adanya pembatasan peraturan dan kebijakan pemerintah menjadi pengaruh besar bagi kelangsungan bisnis perusahaan dengan skor 0,357. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah mempunyai ruang rapat terbanyak yaitu sejumlah 19 ruang rapat siap pakai, dan mempunyai Ballroom terbesar dibandingkan pesaing lainnya dengan skor bobot sebesar 0,585.  Sedangkan dari faktor kelemahan adalah transportasi umum menuju hotel minimum sebesar 0,1891. Maka dari itu, Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention harus mampu memanfaatkan secara maksimal fasilitas ruangan rapat dan ballroom. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu dengan melakukan penetrasi pasar dengan cara memperluas pangsa pasar. Strategi WO yaitu dengan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, memaksimalkan perkembangan teknologi dan meluaskan jaringan usaha dan kerja sama. Strategi ST yaitu dengan melakukan inovasi produk dan fasilitas hotel. Strategi WT yaitu memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan keterbatasan SDM agar tidak khawatir dengan ancaman pendatang baru. Berdasarkan matriks SPACE posisi perusahaan Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention berada pada posisi Agresif. Berdasarkan matriks IE, Hotel Padjajaran Suites Resort & Convention berada pada kuadran II yaitu Growth and Build. Perusahaan bisa mengembangkan strategi bisa menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi konsentrik.


Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan . (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Buchari Alma (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

David, Fred R (2012). Manajemen Strategis Konsep. Diterjemahkan oleh Dono Sunardi. Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Fred R. David and Forest R. David. (2015), Manajemen Strategik, Edisi 15, Jakarta; Salemba Empat.

Fred R David. 2016. Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Edisi 15, Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip dan keller, Kevin. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong,Gary. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14, Jilid. Jakarta. Erlangga.

Oentoro, Deliyanto. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo.

Pujoalwanto, Basuki. (2014). Perekonomian Indonesia Tinjauan Historis, Teoritis, dan Empiris. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategi. Jakarta:Erlangga.

Sutisna (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Text Book:

Porter, Michael E. (2015). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York; The Free Press.

Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.

Kotler, Philip & Armstrong,Gary. (2014). Principles of Marketing. 5th Edition, New Jersey; Pearson.

Fred R. David and Forest R. David. (2015). Strategic Management: Concepts and Cases. 15th Edition, New Jersey; Pearson.

Kotler, Philip, Keller, Kevin lane. (2015). Marketing management. 15th Edition, New Jersey; Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.