Analisis Faktor – Faktor Digital Marketing Menggunakan Fitur Instagram Ads Dalam Keputusan Pembelian Produk Kecantikan “Scarlett Whitening” (Studi Kasus : Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor)
Abstract
Adanya Digital Marketing merupakan salah satu contoh teknologi informasi di era industri 4.0 yang memberikan keuntungan tetapi juga tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mempertahankan pangsa pasar dan memperluas bisnisnya. Melalui digital marketing, para penjual dapat memasarkan produknya lebih mudah. Tanpa tatap muka selama berbelanja online itulah yang menyebabkan konsumen meragukan kebenaran informasi produk, keaslian produk hingga kredibilitas penjual.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksplanatory. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan responden para pengguna internet yang pernah berbelanja produk Scarlett Whitening. Pemilihan responden dilakukan dengan metode proportionate stratified random melalui kuesioner dan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor – faktor digital marketing yang terdiri dari faktor kemudahan, konten, respon, keamanan dan kepercayaan disetujui oleh responden sebagai penyebab mereka melakukan keputusan pembelian menggunakan digital marketing melalui media Instagram. Namun penelitian ini juga menemukan hasil bahwa Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor terbukti digital marketing ini dapat memberikan informasi dan memenuhi kebutuhan dengan kualitas yang disajikan namun ketidakpercayaan Mahasiswa/Mahasiswi masih cukup tinggi sebesar 78,8%.
Full Text:
PDFReferences
Agustin E, Puspaningtyas M. (2021). Efektivitas Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Akun Instagram @smilesyndrome.Id.
Candra Irawan I. (2020). Analisis e-marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online. Journal of Business and Banking.;9(2):247.
Hassan MM, Ahmad N, Hashim AH. (2021). Factors Influencing Housing Purchase Decision. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.;11(7).
Jiang S, Ngien A. (2020). The Effects of Instagram Use, Social Comparison, and Self-Esteem on Social Anxiety: A Survey Study in Singapore. Social Media and Society. ;6(2).
Kotler, Philip And Gary Armstrong., (2018). Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan 25. Alfabeta.
Wardani N, Daniar A. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING INSTAGRAM PADA KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK SKINCARE SAAT PANDEMI. Prosiding SNADES. Published online.
Wibowo RA. (2019). Manajemen Pemasaran . Radna Andi Wibowo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.