HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA CV MITA AZAHRA MANDIRI (GATE PARKING)

Putri Akriyanti, Ketut Sunarta, Nancy Yusnita

Abstract


Pertumbuhan perekonomian di Indonesia terasa semakin progress dan signifikan. Hal ini membuat dunia usaha semakin berkembang dan persaingannya pun semakin ketat. Perusahaan yang siap berkompetisi harus memiliki manajemen yang efektif. CV Mita Azahra Mandiri memiliki kinerja karyawan yang rendah hal itu dapat dilihat dari penilaian kinerja karyawan yang masih terdapat penilaian yang hanya masuk dalam kategori di bawah rata-rata, sedangkan menurut pimpinan bahwa kinerja yang baik seharusnya masuk pada kategori diatas rata-rata. Adapun masalah yang menyangkut kepuasan kerja saat ini yaitu keagresifan karyawan masih kurang cepat dala bekerja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey, teknik penelitian yang digunakan statistik inferensial. Penelitian ini mengenai Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Karyawan Pada CV Mita Azahra Mandiri. Jenis data yang digunakan oleh peneliti dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Metode penarikan sampel nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh atau sensus dengan jumlah 40 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi rank spearman, analisis koefisien dterminasi, dan uji hipotesis koefisien korelasi yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil rata-rata tanggapan responden mengenai kepuasan kerja dan kinerja karyawan dapat disimpulkan bahwa rata-rata tanggapan responden pada variabel kepuasan kerja yaitu sebesar 84,4 artinya bahwa kepuasan kerja pada CV Mita Azahra Mandiri baik, dan variabel kinerja kinerja karyawan yaitu sebesar 81,3 artinya bahwa kinerja karyawan pada CV Mita Azahra Mandiri baik. Hasil analisis koefisien korelasi rank spearman diperoleh r = 0,771, artinya kepuasan kerja dan kinerja karyawan memiliki hubungan yang sangat kuat.


Full Text:

PDF

References


Affandi, P. (2016). Concept & indicator human resources management for management Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.Bandung: Refika Aditama. Bumi Aksara.

Chen, S., & Liu, P. (2018) Effect of internal marketing, organizational commitment,

Edy, Sutrisno . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media

Eko, Widodo Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Daya Manusia. Yogyakarta: Group, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Indonesia. Bandung, Indonesia. (Diakses pada tanggal 16 Juli 2019). Jakarta: PT. Rineka Cipta. job involvement And Job Satisfaction On Work Performance: A Study Of

Masram, dan Mu’ah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Profesional. Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. 2020. Undang – Undang No.11 Tahun 2020 Tentang Omnibus Law Cipta Kerja, Pasal 90B. Sekretariat Negara. Jakarta. Research. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Riduwan, dan Kuncoro, E. A. (2017). Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rozarie, C.R.D., & Indonesia, J. N. K. R. (2017). Manajemen Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedarmayanti . (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: terhadap Perilaku Organisasi. Jurnal Manajemen. Universitas Komputer

The Elderly Care Institutions In Taiwan. Marketing Review,9(3), 227-302. untuk Meningkatkan kompetensi, Kinerja , dan Produktivitas Kerja. (cetakan kesatu).

Wibowo . (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persa.

Wulantika, Lita dan Basri, Irmayanti Chaerul . (2018). Kepuasan dan Loyalitas Kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.