ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA DAGING SAPI ACONG MEATS PASAR BOGOR

Mutia Putri Ramadhanty, Oktori Kiswati Zain, Sri Hartini, Dicky Firmansyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Acong Meats Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks IFE dan Matriks IE. Hasil analisis strategi pemasaran Acong Meats dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar bagi Acong Meats yaitu tempat yang strategis dan hubungan baik dengan konsumen sehingga perusahaan harus memperketat dalam pemilihan produk dan meningkatkan lagi pelayanan agar hubungan baik dengan konsumen tetap terjaga dengan skor 0,3880. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama adalah berkurangnya daya konsumsi masyarakat dengan skor bobot 0,4323. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah produk yang beragam dengan skor bobot 0,5822, sedangkan kelemahannya adalah promosi yang dilakukan belum maksimal dengan skor bobot 0,1306. Berdasarkan matriks IE posisi perusahaan Acong Meats berada pada kuadran 2 yaitu Growth and Build. Ini artinya kondisi Acong Meats tumbuh dan berkembang


Full Text:

PDF

References


Cravens, D. W. (2016). Pemasaran Strategis. Edisi Ke Empat, Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

David, F. R. (2015). Strategic Management: Management Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

______. (2017). Strategic Management: A Competitve Advantage Approach. In Pearson Education Limited (Vol. 1).

Dwi A, E. (2013). Jurnal Manajen Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasbi, E. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Seblak Basah Instan Mommyindo. Journal of Chemical Information and Modeling, 11–30. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/RS1_2016_2_2071_Bab2.pdf http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/RS1_2017_1_936_Bab2.pdf https://www.academia.edu/37449164/BAB_II_TA_BARU Ii, B. A. B., & Pemasaran, A. K. (n.d.). Philip Kotler, ManajemenPemasaran: EdisiMillenium , (Jakarta: Erlangga, 2002), hal. 9. Ii, B. A. B., Pustaka, T., & Hipotesis,

D. A. N. (1973). American Marketing Association. Journal of Marketing Research, 10(4), ii–ii. https://doi.org/10.1177/002224377301000402 Khairunissa, K.

Suharyono, & Yulianto, E. (2017). PELANGGAN ( Survei pada Mahasiswa BINUS University yang menggunakan jasa Go-jek di Jakarta ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 46(2), 37–45.

Klau, R. O. (2015). No TitleÉ? . Ekp, 13, 11–22.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.

Pearson. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks. Manajemen, P. S., Ekonomi,

F., & Dharma, U. S. (2019). Pemilihan Strategi Pemasaran Pt . Commit Indonesia Pemilihan Strategi Pemasaran Pt . Commit Indonesia.

Oliver, J. (2019). Inovasi Produk. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. 80

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga, J. B. M. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kebijakan Pemerintah terhadap Peningkatan Volume Penjualan Bahan Bakar Minyak Petro-4 (Studi Empiris : PT Petro Andalan Nusantara). 4, 1–111. Tumalun, T. L. H., Triwellly, D., Balau, Y., Wokas, H. R. N., Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Bisnis,

D. (2018). IPTEKS PROSES PENJUALAN MOBIL DI PT HASJRAT ABADI MANADO CABANG TENDEAN. Jurnal Ipteks Akuntansi Bagi Masyarakat, 02(02), 205–208. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jiam/article/view/21728

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.