ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI YANG MENDUKUNG KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH SWALAYAN SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA (STUDI KASUS SWALAYAN AVICENA DESA MAKAM, REMBANG, PURBALINGGA)

Rifki Farhan Ramadhan, Oktori Kiswati Zain, Yetty Husnul Hayati, Hari Suryantoro

Abstract


Semakin banyaknya swalayan di desa makam membuat swalayan avicena harus mampu bersaing, terutama dalam kualitas pelayanan, harga dan lokasi, pendapatan swalayan avicena periode februari-oktober tahun 2021 mengalami fluktuatif, dan masih adanya keluhan konsumen mengenai kualitas pelayanan, harga dan lokasi terlihat dari hasil pra survey peneliti. Untuk tetap dapat bersaing swalayan avicena berusaha meningkatkan kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 respondennya adalah siapa saja yang secara kebetulan berbelanja di swalayan avicena dan bertemu dengan peneliti. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dengan melihat hasil total tanggapan responden. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan swalayan avicena desa makam dinilai sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,4% , harga swalayan avicena desa makam dinilai terjangkau dengan nilai rata-rata 79,8%, lokasi swalayan avicena desa makam dinilai baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,2% sedangkan untuk tanggapan responden keputusan konsumen memilih swalayan avicena sebagai tempat berbelanja sebesar 81,1% termasuk kedalam kriteria sangat setuju serta kualitas pelayanan di swalayan avicena sangat baik, harga yang ditawarkan swalayan avicena terjangkau dan lokasi swalayan avicena baik sehingga dapat mendukung keputusan konsumen dalam memilih swalayan avicena sebagai tempat berbelanja.


Full Text:

PDF

References


Andri, Y. (2020, januari 28). Bisnis.com. Retrived Oct 18, 2021, From https://ekonomi.bisnis.com/read/2020128/12/1194484/industri-ritel-diprediksi-tumbuh-lebih-baik

Adrianto, B., Zaini, K. O., Ramdani, H. S. (2019), LOKASI SALAH SATU FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TORII RESTO. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(2).

Destriasari, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian di Klasik Coffee & Breakfast (Studi Kasus Pada Konsumen Klasik Coffee & Breakfast). Skripsi. Universitas Pakuan.

Erlangga, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI PT PANCA SAKTI PERKASA DI BINTARO. Jurnal Perkusi, Universitas Pasundan, 1(4).

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of marketing. Pearson Education.

. (2016). Prinsip prinsip pemasaran, Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller. K. L. (2018). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. (2016). Marketing Management (15th edition). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kurniyanti. (2021). Analisis Faktor Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Lokasi yang Mendukung Keputusan Konsumen Memilih Toko Depirtn Sebagai Tempat Berbelanja. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Lianardi, W., Chandra, S. (2019). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KELENGKAPAN PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN JUNI PEKANBARU. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, STIE Pelita Indonesia, 4(1).

Mandong, I. S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Bni (persero) Tbk Kantor Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3210 3219.

Nasution, M. R. H. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Berbelanja di Swalayan 88 Padangsidimpuan. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29/PP/2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan.

Peppy, P. A. (2017). ANALISIS HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDOMART CABANG CIKEMBAR KAB. SUKABUMI. Jurnal Ekonomedia, STIE PASIM, 6(1).

Rahayu, B. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Sugiarto, W. T. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasaan Konsumen Cafe Shisha Aliakbar. Skripsi. Universitas Pakuan.

Sudaryono, (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Sunyoto, D. (2015). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F dan Chandra G. (2016), Service, Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Thoby, D. K., & Wahyono, A. (2021) Analisis Pengaruh Produk, Harga,Tempat, Promosi dan E-Quality Service Terhadap Keputusan Pembelian di Zara Central Park pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal USNI: Jurnal Manajamen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.