THE ANALYSIS OF SOCIAL MEDIA PROMOTION & PRODUCT REVIEWS FOR PURCHASING DECISION MAKING ON LAZADA MARKETPLACE (Case Study of Pakuan University Students)

Yuliani Sidik, Oktori Kiswati Zain, Doni Wihartika, Mulyatma Soepardi

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi internet di Indonesia semakin pesat, perkembangan teknologi tersebut dapat dirasakan di semua bidang mulai dari pendidikan, transportasi, bisnis hingga komunikasi elektronik. Gaya hidup masyarakat ikut berubah seiring pengaruh perkembangan  teknologi. Diera yang serba modern ini disuguhkan banyak marketplace sebagai wujud kegiatan E-commerce di Indonesia marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli didunia maya. Beberapa marketplace terbesar di Indonesia antara lain Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak terus melakukan inovasi dan perbaikan untuk terus meningkatkan minat para produsen atau penjual untuk membuka tokonya di marketplace ini, serta berlomba-lomba meningkatkan minat para konsumen untuk terus melakukan pembelian melalui marketplace tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi sosial media dan review produk untuk pengambilan keputusan pembelian pada marketplace Lazada. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini adalah jenis metode deskriptif ekspalantori. Metode penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling mengunakan jenis stratified random sampling, dengan teknik Quota sampling total 100 responden berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dan kuisioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan promosi sosial media yang dilakukan Lazada terhadap mahasiswa Universitas Pakuan menghasilkan presentase sebesar 78,12% yang artinya sudah baik. (2) Peran review produk yang dilakukan mahasiswa Universitas Pakuan terhadap Lazada menhasilkan presentase sebesar 84,05 yang artinya sangat baik. (3). Keputusan pembelian mahasiswa Universitas Pakuan terhadap marketplace Lazada menghasilkan presentase sebesar 75,12%yang artinya sudah tinggi.


Full Text:

PDF

References


Amirullah (2016). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian. Malang

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael (2018). User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizon 53(1).

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Buchari Alma (2018). Strategi Promosi dan Bauran Promosi. Surabaya

Buchari, Alma. 2018 Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta. Bandung.

Danang Suntoyo. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.

Dewi Utari dan Fajriana (2018). Strategi Promosi Sosial Media.Yogyakarta

Dr.M.A.Firmansyah(2018). Perilaku Konsumen sikap dan pemasaran. Yogyakarta

Kotler, P & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga

Kotler, P & Keller, K.L (2016). Marketing Management Global Edition (Vol.15E)

Laudon, K., & Traver, C. G. 2017. E-commerce 2016. Harlow: Pearson Education.

Nur, Indriantoro, dan Bambang, Supomo. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, BPFE, Yogyakarta.

Siyoto, M.kes & M.Ali Sodik,M.A (2016). Dasar Metodoligi Penelitian. Yogyakarta

Sudaryana, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sugiyono, Wibowo E. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Suliyanto. (2016). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta Andi Offset.

Tjiptono,F.N. & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. C.V Andi Offeset

Wertz, Boris., and Angela Tran Kingyens. 2013. A Guide to Marketplaces. Versionone

A. Jamaludin. (2018). Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah di PT. PRADANA GRASINDO TOUR & TRAVEL CABANG GRESIK.. UIN Sunan Ampel Surabaya

A.Kamila, Rusda. (2019). Perancangan Sistem E-commerce Penjualan E-Book Berbasis Web. Bandung

Ahmad.Babe (2016). Adopsi E-Commerce Orientasi Kewirausahaan dan Perusahaan Kecil dan Menengah di USA.Metodelogi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.Yogyakarta.

Alrubaiee, L., Alshaibi, H. & Al-Bayati, Y. (2017). Hubungan antara manfaat B2B, pengunaan Marketplace dan Manajemen rantai pasokan hubungan antara manfaat e-commerce B2B. Jurnal Global Manajemen dan Bisnis.Penelitian, 12(9): 23–36.

Asih Purwanto. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha Mio. Jurnal Universitas Muhammadiyah.

Edi Yulianto.2018. Pengaruh online consumer review oleh beauty vlogger terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 58 No. 1, Mei 2018.

Fakir, A,. Baihaqi,I,. & wibawa, B.M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Marketplace di Indonesia.ejurnal.its.ac.id

H.Lubis(2016). Pengaruh Citra Merek, Media Iklan Instagram dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk VANS. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanada Damar (2019) Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Lazada.co.id (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan) repository.unpas.ac.id

Hanyda Inayatul Munawaroh. (2020).Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Sistem E-Commerce Shopee. jurnal.iainponorogo.ac.id

Khairunisa. (2017). Dampak Aplikasi Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. Universitas Brawijaya Malang.

Megawati, Nana. 2018. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Shop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada pada Mahasiswa Feb Unila)” Bandar Lampung: Universitas Lampung

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.Nexian melalui Facebook, Jurnal of Business Strategy and Execution.

Olivia Walangitan. (2018). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pemebelian PT.Shopee Internasional Indonesia di Kota Medan. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php.

P.M.Hamzah (2018). Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV.Konta Djaya Binong Jati. Bina Sarana Informatika. Jakarta.

Rifki Afrianto.(2020).Analisis Pengaruh Review Produk, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace.

Ristania, Novia dan Jerry S. Justianto.( 2014 ). Analisis Pengaruh Harga Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “ Online Shop “ S-Nexian Melalui Facebook. Jurnal Of Business strategy and Exection, 2, 131-161.

Septianus Angga Wicaksono.(2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Pada Marketplace Online Tokopedia, Bukalapak Dan Shopee.http://eprints.undip.ac.id.

Yustiani, Rini., dan Rio Yunanto. 2017. Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) 6.2.

Herman/FER. (2020). APJII: Pengguna Internet Di Indonesia Capai 196,7 Juta.apjii pengguna internet di Indonesia capai 1967 juta.

Kezia V.(2021). Perbandingan retailer E-commerce Indonesia Pada Periode Flash sale 9.9. tersedia di: ttps://iprice.co.id.

Triapnita Nainggolan, (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital https:www.google.co.id books edition.Perilaku Konsumen Di Era Digital

Trustpilot (2021).Read Customer Service Review Of Lazada.

Nugroho (2021). Hasil Survey Digital Jakpat, Konsumen Indonesia terbukti Lebih Loyal E-Commerce Anak Bangsa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.