THE ANALYSIS OF CONSUMER ETHNOSENTRISM OF SUNDANESE TYPICAL FOOD (Case Study on Millennial Generation in Bogor Utara)
Abstract
Semakin berkembangnya zaman kini makanan tradisional khas sunda sudah mulai terlupakan dengan masuknya kuliner-kuliner dari luar negeri diantaraya yaitu Lemongrass Resto, Midori, Sultan Restaurant dan masih banyak lainnya yang dapat kita jumpai di sepanjang jalan dan pusat perbelanjaan.. Terutama di era digital ini dengan mudahnya kita temukan di dalam sosial media. Ironi juga melihat generasi muda saat ini yang lebih bangga ketika mengunggah foto-foto kuliner masa kini di akun sosial media mereka, dibandingkan mengunggah kuliner khas daerah masing-masing yang pasti memiliki keunikan dan citarasa yang khas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat etnosentrisme konsumen generasi milenial pada makanan khas sunda di wilayah Bogor Utara. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa penelitian deskriptif exploratif. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling yang termasuk dalam nonprobability sampling. Teknik analisis dengan analisis data deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui penyebaran angket (kuesioner) yang berjumlah 100 orang generasi milenial di wilayah Bogor Utara. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa mayoritas generasi milenial di wilayah Bogor Utara memiliki tingkat etnosentrisme yang relatif tinggi. Tetapi, msih ada generasi milenial yang merasa bahwa makanan khas sunda masih kalah dalam kualitas dan cara penyajiannya. Meskipun demikian, rata-rata responden mengaku akan lebih tertarik terhadap makanan khas sunda dibandingkan makanan luar
Full Text:
PDFReferences
Atmoko, T. Prasetyo Hadi. (2017). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Jurnal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation [online] Volume 1 (2), p. 83. Tersedia di: https://ejournal.upi.edu/index.php/ Jithor/article/viewFile/13769/8072 [Diakses pada 13 November 2019]
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke tiga belas. Erlangga, Jakarta: Erlangga
Kurnianto Muhdi dan Widyanto Ibnu. (2015). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Harga dan Kemenarikan Atribut Terhadap Sikap Produk dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian di Indonesia. Journal of Management Diponegoro [online] Volume 4 (4), p. 3. Tersedia di: http://eprints.undip.ac.id/47061/ [Diakses pada 8 November 2019]
Listiana, Erna. (2012). Pengaruh Country Of Origin Terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, [online] Volume 8 (1), p. 28. Tersedia di: http://journal.unpar.ac.id/index.php/ JurnalAdministrasiBisnis/article/view/419/403 [Diakses pada 24 Oktober 2019]
Novita. (2017). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen Terhadap Sikap Konsumen Indonesia Pada Produk Organik Lokal. Jurnal Magister Manajemen [online] Volume 9 (1), p. 9. Tersedia di: https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied-management/article/ view/853 [Diakses pada 13 November 2019]
Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi ke sembilan. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabet
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi ke dua. Bogor: Ghalia Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.